PENGARUH TERPAAN KONTEN INSTAGRAM @KOTALAMASURABAYA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE WISATA KOTA LAMA SURABAYA

Authors

  • Villa rohmatur robbi universitas negeri surabaya
  • Tatak Setiadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.69276

Keywords:

Instargram, Kota Lama Surabaya, Terpaan media, Wisata

Abstract

Terpaan Media merupakan tindakan mendengar, melihat, dan membaca pesan media, serta mengalami dan memperhatikan pesan-pesan tersebut, yang dapat terjadi baik pada individu maupun kelompok. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan media sosial instagram @kotalamasurabaya terhadap keputusan berkunjung ke Wisata Kota Lama Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan pengikut instagram @kotalamasurabaya. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan incidental sampling dan ditemukan jumlah sampel sebesar 385. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel terpaan media (X) berpengaruh terhadap variabel keputusan berkunjung (Y) dengan nilai signifikansi atau nilai koefisien determinasi r sebesar 39,5% sedangkan sisanya 60,5% merupakan nilai koefisien yang berasal dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selain itu indikator yang memiliki dominasi dalam variabel terpaan media (X) adalah durasi sedangkan indikator yang memiliki dominasi tertinggi pada variabel keputusan berkunjung (Y) adalah indikator waktu dan biaya. Untuk memastikan bahwa evaluasi wisata kota lama mencakup lebih dari sekadar faktor yang terkait dengan terpaan media dan keputusan berkunjung, disarankan agar lebih fleksibel dalam memilih variabel tambahan yang mungkin lebih bervariasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuningtyas, F., Pratiwi, M. M., & Manihuruk, H. (2023). Terpaan Media Di Instagram Terhadap Brand Image Pada Followers Akun Instagram @Menantea.Toko. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 205–217. https://doi.org/10.33822/jep.v6i2.4437

Ardianto, E., Erdinaya, L. K., & Karlinah, S. (2014). Komunikasi Massa Suatu Pengantar (4th ed.). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Aristiyawan, D., & Mutiah. (2021). Strategi promosi wisata heritage melalui media sosial, komunitas, dan event: Studi kasus pada Dinas dan Kebudayaan Pariwisata Kota Surabaya [Skripsi, Universitas Negeri Surabaya].

Badruzzaman, S., & Saleh, R. (2020). Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Wisata Di Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 5.

Damanik, Janianton dan Helmut F. Weber. (2006). Perencanaan Ekowisata Dari Teori ke Aplikasi. Yogyakarta: PUSPAR UGM dan Andi.

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur. (2024). Wali Kota Eri Cahyadi ingin Kota Lama Surabaya jadi pengingat sejarah. Kominfo Jatim. https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/wali-kota-eri-cahyadi-ingin-kota-lama-surabaya-jadi-pengingat-sejarah

I Made Laut Mertha Jaya. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Quadrant.

Ismawardani, I. N. (2017). #OOTD sebagai presentasi diri: Strategi presentasi diri dalam foto #OOTD (Outfit of the Day) di Instagram [Skripsi, Universitas Brawijaya]. Universitas Brawijaya Repository. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9934/

Kusuma, V. A. (2021). Pengaruh terpaan konten instagram @folkative terhadap minat literasi bagi followers. 6.

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Medlik, S, And V.T.C. Middleton. (1973). Product Formulation In Tourism, Tourism And Marketing. Aiest. Berne.

Muchamad Zaenuri. (2012). Perencanaan strategis kepariwisataan daerah Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: e-Gov Publishing Jl. Mangunegaran Kidul 14 Kraton - Yogyakarta.

Normalasari, Johannes, & Yacob Syahmardi. (2023). Minat Kunjungan Kembali Wisatawan Daya Tarik Wisata Yang Dimediasi Oleh Electronic Word Of Mouth. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 12(01), 156–169.

Purike, E., Azizah, N., Ajibroto, K., Kesumah, P., & Sujana, N. (2023). Wisata heritage dan kalangan milenial muda di Kota Bandung. Tuturan: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 1(1), 1–13.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sunjayadi, R. A. (2019). Pariwisata Sejarah untuk Generasi Milenial dan Generasi Z. Abad: Jurnal Sejarah.

Trihayuningtyas, E., Utoyo, D. B., & Saputri, I. A. (2018). Pengaruh media sosial terhadap keputusan berkunjung wisatawan (Studi pada pengguna media sosial yang mengunjungi D’Kandang Amazing Farm Depok). Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 15(1), 62–76. https://doi.org/10.31113/jia.v15i1.48

Zakaria. (2023). Pengaruh Terpaan Konten Instagram @Exploresurabaya Dan Motif Berwisata Terhadap Keputusan Berkunjung Anak Muda Kecamatan Sidoarjo Ke Destinasi Wisata Surabaya.

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

robbi, V. rohmatur, & Tatak Setiadi. (2025). PENGARUH TERPAAN KONTEN INSTAGRAM @KOTALAMASURABAYA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE WISATA KOTA LAMA SURABAYA. The Commercium, 9(3), 171–180. https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.69276
Abstract views: 8 , PDF Downloads: 4