PENGARUH CITRA MEREK ERSPO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOMUNITAS JERSEY TIMNAS INDONESIA

Authors

  • Tegar Rana Kusuma State University of Surabaya
  • Fitri Norhabiba Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.69362

Keywords:

Citra Merek, Keputusan, Pembelian, Timnas, Indonesia, Erspo

Abstract

Di dalam dunia industri akan terus bergerak dan berkembang dengan cepat, telah bermunculan merek dan perusahaan yang ikut terjun di dalam berbagai bidang. Namun, dengan banyaknya merek baru tentu akan meningkatkan kompetisi antar satu merek dengan merek yang lainnya. Penelitian ini ingin mengetahui apakah citra merek Erspo (x) akan berdampak kepada keputusan pembelian jersey timnas Indonesia (y). Dalam melakukan pengumpulan data untuk penelitian ini, metode survei akan digunakan. Kuisioner akan diberikan kepada populasi melalui sample untuk memvalidasi hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji regresi linear sederhana, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), yang berarti hipotesis alternatif (H₁) diterima. Selain itu, nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,538 mengindikasikan bahwa 53,8% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh citra merek, sementara sisanya sebesar 46,2% dijelaskan oleh faktor lain di luar model penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, U., Islam, K. M. A., Hussain, S., Baqir, M., & Muhammad, N. (2021). Impact of Brand Image on Customer Loyalty With the Mediating Role of Customer Satisfaction and Brand Awareness. International Journal of Marketing Research Innovation, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.46281/ijmri.v5i1.987

Amanah, D. (2011). Pengaruh Promosi dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent di Ramayana Plaza Jalan Aksara Medan . Keuangan & Bisnis, 3(3), 221–233.

Araújo, J., Pereira, I. V., & Santos, J. D. (2023). The Effect of Corporate Social Responsibility on Brand Image and Brand Equity and Its Impact on Consumer Satisfaction. Administrative Sciences, 13(5). https://doi.org/10.3390/admsci13050118

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Brama Kumbara, V. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.

Dam, S. M., & Dam, T. C. (2021). Relationships between Service Quality, Brand Image, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 585–593. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.0585

Fahmi, S., & Soumi, A. L. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk dan Celebrity Endorse terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow ( Studi pada Konsumen Ms. Glow Pandaan). JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 4(1), 45. https://doi.org/10.47201/jamin.v4i1.104

Gravetter, F. J., & Forzano, L.-A. B. (2017). Research Methods for the Behavioral Sciences. In Research for Social Workers (6th ed.). https://doi.org/10.4324/9780203084144-4

Khafid, W. (2023). Pengaruh citra merek terhadap pengambilan keputusan pembelian sepatu DBL ardiles pada klub bola basket bintang muda. Universitas Negeri Yogyakarta Student Journals, 1–97. https://eprints.uny.ac.id/77271/1/fulltext_wafa khafid_18602241069.pdf

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). https://doi.org/10.2307/1250781

Manik, C. M., & Siregar, O. M. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN STARBUCKS DI KOTA MEDAN. Journal Of Social Research, 1(7), 694–707.

Muhammad Ali Akbar, Sri Rezeki, & Gustina. (2022). Analysis of the Effect of Promotion and Brand Image on Customer Purchase Decisions. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya Penelitian Ilmu Manajemen, 8(1), 96–107. https://doi.org/10.47663/jmbep.v8i1.233

Muhartini, A. A., Sahroni, O., Rahmawati, S. D., Febrianti, T., & Isnaini, M. (2021). ANALISIS PERAMALAN JUMLAH PENERIMAAN MAHASISWA BARU DENGAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINEAR SEDERHANA. Jurnal Bayesian : Jurnal Ilmiah Statistika Dan Ekonometrika, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.46306/bay.v1i1.2

Mumu, J., Tanujaya, B., Charitas, R., & Prahmana, I. (2022). Likert Scale in Social Sciences Research: Problems and Difficulties. FWU Journal of Social Sciences, 16(4), 89–101. https://doi.org/10.51709/19951272/Winter2022/7

Nurliyanti, N., Anestesia Arnis Susanti, & Baruna Hadibrata. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Strategi Marketing Manajement). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(2), 224–232. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2.982

Purwanto, A. (2022). How The Role of Digital Marketing and Brand Image on Food Product Purchase Decisions? An Empirical Study on Indonesian SMEs in the Digital Era. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(6), 34–41.

Rihayana, I. G., Putra Salain, P. P., Eka Rismawan, P. A., & Mega Antari, N. K. (2022). the Influence of Brand Image, and Product Quality on Purchase Decision. International Journal of Business Management and Economic Review, 04(06), 342–350. https://doi.org/10.35409/ijbmer.2021.3345

Rivaldo, Y., Wibowo, E. A., Hasibuan, R., Anggraini, D., & Arnesih. (2021). Analisis Dampak Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan. Urnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis (JMOB), 1(2), 149–157.

Sri Danarwati, Y. (2022). The Effect of Product Quality and Brand Image On Purchase Decisions at PT Bangun Maju Lestari, Jaten District, Karanganyar Regency In 2022. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Mutiara Madani, 10(1), 83–96.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Suhardi, S., & Carolin, F. A. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Customer Loyalty Semen Holcim Pada Pt. Kinco Prima Kota Batam. Jurnal Benefita, 1(1), 39. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i1.3404

Tarmidi, D., & Mulyani, A. T. (2023). The influence of product innovation and brand image on samsung smartphone purchase decision at bandung city. Enrichment : Journal of Management, 13(1), 453–458. https://doi.org/10.35335/enrichment.v13i1.1287

Yusuf Alwy, M., Herman, H, T., Abraham, A., & Rukmana, H. (2024). Analisis Regresi Linier Sederhana dan Berganda Beserta Penerapannya. Journal on Education, 06(02), 13331–13344.

Downloads

Published

2025-06-19

How to Cite

Kusuma, T. R., & Fitri Norhabiba. (2025). PENGARUH CITRA MEREK ERSPO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOMUNITAS JERSEY TIMNAS INDONESIA. The Commercium, 9(3), 181–187. https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.69362
Abstract views: 9 , PDF Downloads: 1