STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SONGA ADVENTURE DALAM MEMBANGUN BRAND EQUITY
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.69808Keywords:
Strategi Komunikasi Pemasaran, Songa Adventure, Brand EquityAbstract
Industri pariwisata berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, termasuk wisata arung jeram di Sungai Pekalen, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Meningkatnya popularitas arung jeram mendorong pentingnya strategi komunikasi pemasaran agar perusahaan mampu bersaing dengan kompetitor. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi pemasaran Songa Adventure dalam membangun brand equity. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Songa Adventure menerapkan sepuluh strategi komunikasi pemasaran yang mengimplementasikan delapan elemen Integrated Marketing Communication (IMC). Terdapat tiga elemen paling efektif, yaitu sales promotion, event and experience, serta online and social media marketing. Dan satu elemen yang kurang optimal, yaitu public relation and publicity. Strategi ini membentuk persepsi positif konsumen dan memperkuat posisi Songa Adventure sebagai penyedia arung jeram unggulan di wilayah tersebut.
Downloads
References
AFIFI, H. D. S. & S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata di Masa Pandemi Covid-19. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(2), 138–155. https://doi.org/10.35814/coverage.v12i2.2743
Badan Pusat Statistik Indonesia. (2025). Statistik Wisatawan Nusantara 2024. 7. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Badan Pusat Statistik Jatim. (2025). Perkembangan Pariwisata Desember 2024. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2024/02/01/2347/kunjungan-wisatawan-mancanegara-pada-desember-2023-mencapai-1-14-juta-kunjungan--naik-20-17-persen--year-on-year--.html
BPS. (2025). Statistik Wisatawan Mancanegara 2024. 16. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Disporapar. (2025). Grafik Kujungan 5 Tahunan 2016-2024.
Dwicesa, A. R. (2021). Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terhadap Brand Loyalty Pada Usaha Gaia.ku (Studi Kasus Pada Pelanggan Gaia.ku di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 9(1), 1–12.
Fadillah, M. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran pada Usaha Kecil Menengah. Prosiding Seminar Nasional Manajemen.
Firmansyah. (2020). Komunikasi pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish Publisher.
Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit.
Herdiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Salemba Humanika.
Jaya, I., & Wardhani, W. D. S. (2023). Komunikasi Pemasaran Songadventure Pada Masa COVID-19. Journal Communication …, 2(2), 301–313. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/view/6098%0Ahttps://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/article/download/6098/3594
Kemenparekraf. (2024). Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2024/2025.
Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Management. Pearson Education Limited.
Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Puspita, A. (2019). Perencanaan Komunikasi Pemasaran ( Studi pada PT. Rizma Tour & Travel Banjarmasin ). Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 12.
Putri, A. I. (2022). PENERAPAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) OLEH AIOLA EATERY DALAM KEBERHASILAN PROMO HALAL BI HALAL.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behavior (10th ed.). Pearson Education.
Shimp, T. A. (2013). Advertising, Promotion, & Other Aspects of Integrated Marketing Communications. Cengage Learnin.
Songa Adventure. (2025). Data Pengunjung Songa Adventure 2010-2024.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research: Design and Methods. SAGE Publications.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

