ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DISKOMINFOTIK KOTA JAKARTA DALAM KAMPANYE TRANSPORTASI PUBLIK JAKARTA BEBAS POLUSI BERDASARKAN MODEL RONALD D. SMITH

Authors

  • Imelda Prasasti Universitas Negeri Surabaya
  • Oni Dwi Arianto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.69828

Keywords:

Strategi komunikasi, Diskominfo, Polusi udara, Transportasi publik

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik Kota Jakarta (DKJ) dalam kampanye transportasi publik bebas polusi, menggunakan model perencanaan komunikasi Ronald D. Smith. Dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini menyoroti bagaimana Diskominfotik DKJ mengaplikasikan empat tahapan yang terdiri dari analisis formatif, strategi, taktik, dan evaluasi dalam merancang kampanye transportasi publik untuk Jakarta bebas polusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Diskominfotik DKJ secara sistematis menerapkan langkah-langkah model Ronald D. Smith, yang meliputi analisis situasi dan publik, perumusan tujuan, pengembangan pesan, serta pemilihan taktik komunikasi yang efektif. Peran Diskominfo sebagai pengirim pesan utama sangat krusial dalam menyukseskan kampanye ini, menggunakan penekanan pada respons dan umpan balik dari publik. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang implementasi model Ronald D. Smith dalam kampanye komunikasi publik pemerintah daerah di Indonesia khususnya Kota Jakarta.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainun, A. M. (2024, Januari 15). Pentingnya Transportasi Umum Untuk Masa Depan Jakarta Yang Lebih Baik. Indonesia Kaya.

Amelia, I. (2023). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran PT MRT Jakarta dalam Meningkatkan Jumlah Penumpang di Era New Normal. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Argenti, P. A. (2017). Strategic Communication in the C-Suite. Columbia University Press.

Berlo, D. K. (1960). The Process of Communication: An Introduction to Theory and Practice. Holt, Rinehart and Winston.

Dewi, R. S. (2019). Pelni Sea Toll Program Public Relation Strategies: An Evaluative Study on Pelni’s Communication Strategy. Journal of Social and Political Sciences, 2(3), 101-108.

Diskominfotik DKI Jakarta. (t.t.). Profil Diskominfotik DKI Jakarta. Diakses dari https://diskom.jakarta.go.id/

Enviro. (2022, Mei 10). Pentingnya Transportasi Publik Berkelanjutan untuk Mengurangi Emisi Karbon. Enviro Indonesia

Gunawan, H. (2015). Analisis Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor dan Strategi Pengendaliannya di DKI Jakarta. Jurnal Sains Dirgantara, 13(1), 1-12.

Haryanto, B. (2019). Polusi Udara dan Kesehatan Masyarakat di Jakarta. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 11(2), 120-128.

Harvianti, R. A. (2021). Kampanye Komunikasi Ecotransport dalam Mengurangi Transportasi Pribadi. Skripsi. Universitas Islam Bandung.

Jakarta.go.id. (t.t.). Pemprov DKI Jakarta Terapkan TOD untuk Atasi Polusi Udara. Diakses dari https://jakarta.go.id/

Kathrine. (2024, Januari 25). Analisis Polusi Udara Jakarta: Penyebab, Dampak, dan Solusi. Dailysosial.Id.

Loude, M. F. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta (Studi Kasus Tentang Strategi Komunikasi Pemasaran PT MRT Jakarta dalam Meningkatkan Penggunaan Masyarakat terhadap MRT sebagai Alternatif Transportasi Masyarakat Jakarta). Skripsi. Universitas Esa Unggul.

Riyanto, A., Maheswara, A., Zulianty, R., Alegra, V. M., & ... (2023). Tanggung Jawab Pemerintah dalam Penyelesaian Masalah Polusi Udara di DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27890–27896.

Rosidin, A. B., & Hamid, A. (2020). Media Online Dan Kerja Digital Public Relations Politik Pemerintah Dki Jakarta. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2), 164–174.

Setiawan, B. F. (2024). Strategi Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam Menanggulangi Tantangan Transportasi Perkotaan. Jurnal Kebijakan Publik.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Prasasti, I., & Oni Dwi Arianto. (2025). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DISKOMINFOTIK KOTA JAKARTA DALAM KAMPANYE TRANSPORTASI PUBLIK JAKARTA BEBAS POLUSI BERDASARKAN MODEL RONALD D. SMITH . The Commercium, 9(3), 209–213. https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.69828
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0