PENGARUH CONTENT MARKETING PRODUK CO-BRANDING AZARINE X MINIONS “TINTED LIPPIECABLE BALM” TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PENGIKUT TIKTOK @AZARINECOSMETIC

Authors

  • Aginka Ilmas Medantara Pribadi Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Aisyiyah Rachma Dewi, S.Sos., M.Med.Kom. Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.70936

Keywords:

Content Marketing , Perilaku Konsumen, Co-Branding, Azarine x Minions

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content marketing terhadap perilaku konsumen dalam kampanye co-branding produk Azarine X Minions Tinted Lippiecable Balm. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya strategi pemasaran digital melalui media sosial, khususnya konten kreatif di TikTok. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik survei, yang melibatkan 400 responden pengikut akun TikTok @azarinecosmetic sebagai sampel. Analisis data dilakukan menggunakan uji t parsial, uji korelasi Pearson, dan uji koefisien determinasi. Hasil uji t menunjukkan bahwa content marketing berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen, dengan nilai signifikansi (Sig.t) sebesar 0,000 (< 0,05). Uji korelasi Pearson menunjukkan nilai sebesar 0,642 yang berarti terdapat hubungan kuat antara content marketing dan perilaku konsumen. Selanjutnya, uji koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa 41,2% perubahan perilaku konsumen dapat dijelaskan oleh content marketing, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdjul, F., D Massie, J. D., Mandagie, Y., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2022). PENGARUH CONTENT MARKETING, SEARCH ENGINE OPTIMIZATION DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA FEB UNSRAT DI E-COMMERCE SOCIOLLA THE EFFECT OF CONTENT MARKETING, SEARCH ENGINE OPTIMIZATION, AND SOCIAL MEDIA MARKETING ON PURCHASE DECISIONS FOR FEB UNSRAT STUDENTS AT E-COMMERCE SOCIOLLA. 10(3), 225–236. www.sociolla.com.

Ali, Mm., Hariyati, T., Yudestia Pratiwi, M., & Afifah Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2).

Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206

@azarinecosmetic. (2025, March 20). @AzarineCosmetc | Tinted Lippiecable Balm. TikTok Shop.

Des Derivanti, A., Wahidin, D. W., & Mutiarani Warouw, D. (2022). STUDI FENOMENOLOGI: PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MELALUI MEDIA PLATFORM DIGITAL DI ERA COVID-19. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(9), 1617–1628. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i9.204

Dewi Sari Mertyani. (2021). Populasi dan Sampel. In Metodologi Penelitian Teori dan Praktik (pp. 66–74).

Febrianti, S. Y., Hermawan, A., & Guntara, R. G. (2024). ANALISIS PENGARUH CONTENT MARKETING DAN GREEN MARKETING TERHADAP PURCHASE DECISION PADA BRAND SKINCARE AVOSKIN BEAUTY. Journal of Management and Innovation Entrepreunership (JMIE, 2(1).

Hafni Sahir, S. (2021). Metodologi Penelitian (Shir Hafni Syarida, Ed.). Penerbit KBM Indonesia. www.penerbitbukumurah.com

Hendrika Irene. (2021). Teknik Pengumpulan Data. In Metodologi Penelitian Teori dan Praktik (pp. 81–93).

Kingsnorth Simon. (2016). Digital Marketing Strategy.

Lucyantoro, B. I., & Rachmansyah, M. R. (2017). PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING, TEORI ANTRIAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus di MyBCA Ciputra World Surabaya).

Media Search Group. (2024, January 20). Most Effective Digital Marketing Techniques In 2025.

Muallimah Hadah. (2022). Kajian Penerapan Strategi Komunikasi AISAS Terhadap Perancangan Desain Komunikasi Visual. KREATIF (Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental Dan Inovatif), 04. www.taupasar.com,

Nur Cahyo, K., & Riana, E. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Kuesioner Pelatihan Pada PT Brainmatics Cipta Informatika. In Journal of Information System Research (JOSH) (Vol. 1, Issue 1).

Octaviana, E., & Zahara, Z. (2024). PERAN CONTENT MARKETING INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI MENUMBUHKAN BRAND AWARENESS PADA USAHA SPRINGSHOP_PLW. 8(3).

Pertiwi, D., & Gusfa, H. (2018). PENGARUH CONTENT MARKETING TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS PADA KALBIS INSTITUTE. In Jurnal Media Kom: Vol. VIII (Issue 2).

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Pratama, R., Widjajanta, B., & Razati, G. (2017). Co-Branding Dan Pengaruhnya Terhadap Brand Image (Vol. 17, Issue 1).

Purwanto Yunita, S. L. W. (2022). Pengaruh Content Marketing dan Influencer Endorser Terhadap Purchase Intention Pada Brand Skincare Somethinc. AGORA, 1.

Putra, D. F., & Aulia, P. (2023). Pengaruh Content Marketing Tiktok Terhadap Keputusan Pengaruh Content Marketing Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Vidiodotcom).

Putri, A., Nasution, A., Amin Dalimunthe, A., & Syafina, L. (2023). SURPLUS : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Advocacy Dengan Variabel Brand Trust Dan Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Tiktok Di Mahasiswa UINSU. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 203–221.

Putri, T., Prodi, L., Komunikasi, I., & Sosial, J. I. (2023). ANALISIS ISI KOMENTAR NETIZEN PADA IKLAN SHAMPOO REJOICE 3IN1 X KIKI SAPUTRI #RAMBUTNODRAMA (Vol. 6).

Rustiawati, E., Esther, I., Anargya, L. N., Kasyfan, N. M., & Maesaroh, S. S. (2024). PENGARUH KREDIBILITAS DAN RELEVANSI BEAUTY INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC DI TIKTOK @TASYAFARASYA. JAMBURA, 7(2). http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB

Saraswati, D. A., & Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co Dalam Mempertahankan Brand Engagement. Biokultur, 9(2), 152. https://doi.org/10.20473/bk.v9i2.22980

Setianingrum, H., Bisri, Fitria, S., & Widyastutu, T. (2024). Manajemen Pemasaran di Era Digital : Tantangan Dan Harapan. Journal of Social Science Research , 4, 7284–7292.

Situmorang, M. K. (2021). MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Uang Elektronik (Dompet Digital) Sebagai Alat Pembayaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Medan. 4(1). https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6646

Sugiyama, K. & A. (2011). The Dentsu Way.

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D.

Wang, S., Chan, A., & Fordian, D. (2022). THE EFFECT OF CO-BRANDING ON CUSTOMER-BASED BRAND EQUITY OF INDOMIE HYPEABIS CAMPAIGN (STUDY ON COLLABORATION OF INDOMIE AND THE GOODS DEPT). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 121(2). https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v7i2.35613

Wardhana Bayu. (2024, October 22). Compas.co.id FMCG Report Semester I 2024: Boikot Picu Perubahan Peta Persaingan Produk Global & Lokal di E-commerce Pada Sektor FMCG. https://compas.co.id/article/fmcg-report-2024-boikot-picu-perubahan-peta-persaingan-produk-global-lokal/

Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38

Downloads

Published

2025-07-17

How to Cite

Pribadi, A. I. M., & Rachma Dewi, S.Sos., M.Med.Kom., P. A. (2025). PENGARUH CONTENT MARKETING PRODUK CO-BRANDING AZARINE X MINIONS “TINTED LIPPIECABLE BALM” TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PENGIKUT TIKTOK @AZARINECOSMETIC. The Commercium, 9(3), 275–295. https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.70936
Abstract views: 22 , PDF Downloads: 21