INTERAKSI PENGGEMAR K-POP PADA AKUN INSTAGRAM @OFFICIALKVIBES

Penulis

  • Rizky Amelia Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Puspita Sari Sukardani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.71077

Kata Kunci:

Interaksi Penggemar K-Pop, Media Sosial dan Netnografi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami interaksi penggemar K-Pop di media sosial melalui komentar pada akun Instagram @officialkvibes. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode netnografi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data akan dilakukan melalui observasi dan dokumentasi terhadap interaksi yang dibuat oleh penggemar K-Pop melalui komentar pada unggahan Instagram #kvibes_brandreputation. Penelitian akan dilakukan melalui 6 tahapan penelitian netnografi untuk kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles & Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi yang dibuat oleh penggemar K-Pop melalui komentar pada unggahan Instagram #kvibes_brandreputation memiliki beberapa jenis komentar positif,komentar negatif, komentar netral dan komentar agresif verbal. Bentuk interaksi yang sering dilakukan adalah saling mention dan saling berkomentar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perbedaan sudut pandang dari masing-masing penggemar K-Pop telah melahirkan beragam komentar dan interaksi. Komentar dan interaksi yang cenderung kurang bijak disebabkan oleh beberapa faktor internal seperti faktor perasaan marah, frustasi serta keinginan untuk melampiaskannya dan faktor eksternal seperti faktor lingkungan, keluarga, teman sebaya, dan media sosial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Astuti, D., & Istiyanto, B. (2019). Peran media sosial Instagram dalam interaksi sosial antar karyawan Bank BTPN Bumiayu. Jurnal Jurnalisa, 5(2).

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.

Deafifa, A. S. D. R., & Noorrizki, R. D. (2022). Fenomena Agresi Verbal Fans K-Pop Indonesia di Media Sosial. Flourishing Journal, 2(5), 348- 354.

Eriyanto. (2022). Metode Netnografi Pendekatan Kualitatif Dalam Memahami Budaya Pengguna

Media Sosial. Diakses pada 19 Januari 2025 pada https://slims.bakrie.ac.id/index.php?p=show_d etail&id=4009

Hasna, N., & Pamungkas, I. N. A. (2025). Identitas Komunikasi Penggemar Fanatik Komunitas NCTzen. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 7(3), 1795-1804.

Hayati, S. D. Y., Prabowo, A., & Hijrianti, U. R. (2022). Kebijaksanaan (wisdom) dan fanatisme pada penggemar K-Pop. Cognicia, 10(1), 42- 50.

Katrina, S. D. (2024). Perilaku Agresi Verbal Pada K- Popers: Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Univeristas Negeri Makasar. Journal Humanity And Social Studies, 4(1), 151-165.

LP2M. (2022, 27 Juni). Mengenal Netnografi: Apa itu & Mengapa Penting. Diakses pada 19 Januari 2025 pada https://lp2m.uma.ac.id/2022/06/27/mengenal- netnografi-apa-itu-mengapa-penting/

Maharani, C., Juliansyah, V., & Purnama, D. T. (2024). Fenomena Korean Wave dan Fanatisme Penggemar Dalam Bermedia Sosial Studi Kelompok Fandom di Kota Pontianak: Fenomena Korean Wave dan Fanatisme Penggemar Dalam Bermedia Sosial Studi Kelompok Fandom di Kota Pontianak. Jurnal Sosiologi Nusantara, 10(1), 18-42.

Mariva, R., & Rinawati, R. (2023, January). Etika Komunikasi K-Popers Indonesia di Media Sosial Instagram. In Bandung Conference Series: Communication Management (Vol. 3, No. 1, pp. 58-69).

Nainggolan, V., Rondonuwu, S. A., & Waleleng, G. J. (2018). Peranan media sosial Instagram dalam interaksi sosial antar mahasiswa fakultas ilmu sosial dan politik UNSRAT Manado. ACTA Diurna Komunikasi, 7(4).

Ningrum, N. C. (2023). Konflik sosial berbentuk Fan War antar penggemar group K-Pop di media sosial Twitter (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

The Commercium, Vol 09 Nomor Tahun 2025, 236-245

244

Sagita, A., & Kadewandana, D. (2017). Hubungan parasosial di media sosial: Studi pada fandom army di twitter. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 8(1), 45-58.

Wardani, A. M., Kusuma, R. S., Sos, S., & Kom, M. I. (2025). Budaya Partisipatoris Online Pada Fenomena Cybervigilantism Fans K-Pop (Studi Kasus Pada Akun@ Protect_Riize) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Waskithoaji, Y. (2023). Peran Teknologi dalam Penggunaan Media Sosial dan Dampaknya terhadap UMKM (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Wibisono, A. (2019, Maret 06). Memahami Metode Penelitian Kualitiatif. Kemenkeu.go.id

(https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/1277 3/Memahami-Metode-

PenelitianKualitatif.html#:~:text=Metode%20 kualitatif%20merupakan%20metode%20yang, suatu%20fenomena%20yang%20lebih%20ko mprehensif)

Wishandy, W., Loisa, R., & Utami, L. S. S. (2019). Fanatisme penggemar K-Pop melalui media sosial (Studi pada akun Instagram fanbase boyband iKON). Koneksi, 3(1), 133-140.

Diterbitkan

2025-07-10

Cara Mengutip

Rizky Amelia Putri, & Puspita Sari Sukardani. (2025). INTERAKSI PENGGEMAR K-POP PADA AKUN INSTAGRAM @OFFICIALKVIBES. The Commercium, 9(3), 265–274. https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.71077
Abstract views: 112 , PDF Downloads: 77