Peran Brand Strategist Dalam Membangun Brand Image Untuk Meningkatkan Engagement Audiens

Authors

  • MOCHAMMAD WILDAN BERLIAN ASHSHOFI Universitas Negeri Surabaya
  • Vinda Maya Setianingrum Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.71849

Keywords:

brand strategis, image, audiens

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji peran brand strategist dalam membentuk brand image guna meningkatkan engagement audiens, dengan studi kasus pada Narasi sebagai media alternatif. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa peran brand strategist di Narasi sangat krusial, tidak hanya dalam aspek teknis komunikasi, tetapi juga dalam membangun identitas merek yang otentik dan selaras dengan nilai-nilai audiens seperti keberanian, empati, dan keberpihakan pada isu sosial. Strategi brand image Narasi difokuskan pada storytelling berbasis nilai, brand personality yang relatable, positioning yang progresif, serta komunikasi yang kontekstual dan lintas platform. Dengan mengedepankan co-creation, community building, dan konten bernilai, Narasi mampu menciptakan emotional engagement di kalangan audiens muda yang kritis. Faktor pendukung strategi ini mencakup konsistensi nilai merek, pendekatan empatik terhadap audiens, dan kekuatan naratif emosional. Namun demikian, tantangan muncul dari dinamika sosial-politik serta sensitivitas isu yang diangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa engagement audiens yang kuat merupakan hasil dari strategi jangka panjang yang mengintegrasikan nilai, identitas, dan partisipasi audiens. Penelitian ini memberikan kontribusi pada kajian brand strategy dengan menghadirkan perspektif media alternatif yang menekankan pada human-centric branding dan komunikasi bermakna di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. A. (2019). Building strong brands. Simon and Schuster.

Ahuvia, A., Rauschnabel, P. A., Rindfleisch, A., & Akaka, M. A. (2021). Brand love: A conceptual framework and future research agenda. Journal of Product & Brand Management, 30(1), 1–17. https://doi.org/10.1108/JPBM-06-2019-2436

Ambulani, N. (2025). ANALISIS PERAN CONTENT MARKETING DALAM MENINGKATKAN BRAND ENGAGEMENT PADA PLATFORM DIGITAL. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 778-783.

Ashley, C., & Tuten, T. (2015). Creative strategies in social media marketing: An exploratory study of branded social content and consumer engagement. Psychology & Marketing, 32(1), 15–27.

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2020). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective (12th ed.). McGraw-Hill Education.

Brodie, R. J., Hollebeek, L. D., Juric, B., & Ilic, A. (2011). Customer engagement: Conceptual domain, fundamental propositions, and implications for research. Journal of Service Research, 14(3), 252–271.

Budiman, V., Loisa, R., & Pandrianto, N. (2018). Peran Brand Ambassador Pada Iklan Dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasus Iklan Youtube LG G7 Thinq BTS). Prologia, 2(2), 546. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3743

Calder, B. J., Malthouse, E. C., & Schaedel, U. (2009). An experimental study of the relationship between online engagement and advertising effectiveness. Journal of Interactive Marketing, 23(4), 321–331.

Casero-Ripollés, A., & Marcos-García, S. (2020). Digital Journalism: The Transformation of News Consumption and the Impact of Media Convergence. Journal of Communication, 70(1), 1–20.​

Chafilauidina, S. P., & Soegiarto, A. (2021). Perencanaan Strategis Program Kampanye Public Relations Narasi Melalui Hastag #Jadipaham SYAWALIA PUTRI CHAFILAUDINA & ASEP SOEGIARTO. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(1), 40–51.

Chandler, J., & Owen, M. (2018). Purpose: The starting point of great brands. Greenleaf Book Group Press.

Chitra, B., & Oktavianti, R. (2019). Strategi Digital Public Relations Pegiat Podcast dalam Membangun Brand Engagement (Studi Kasus dalam Podcast Duo Budjang). Prologia,3(2), 532. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6413

Desai, P. (2022). The evolving role of brand strategists in the digital age. *Journal of Marketing Strategy*, 14(3), 45–60.

Dessart, L. (2017). Social media engagement: A model of antecedents and relational outcomes. *Journal of Marketing Management*, 33(5–6), 375–399. https://doi.org/10.1080/0267257X.2017.1302975

Dewi, K., & Aksari, N. (2017). Peran Brand image Dalam Memediasi Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Oriflame Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(11), 251511.

Eka, R. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial (Generasi Z) pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 100–110.​

Fadhlan, M. (2022). Strategy of Fadhlul Fadhlan Pesantren in Developing Media Literacy. Santri: Journal of Pesantren and Fiqh Sosial, 3(2), 191–200

Fahmi, M., Arif, M., Farisi, S., & Purnama, N. I. (2019). Peran Brand image dalam Memediasi Pengaruh Social Media Marketing terhadap Repeat Purchase pada Fast-Food Restaurant di Kota Medan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 53–68. https://doi.org/10.33059/jseb.v11i1.1722

Fahmi, M. H., & Hanif, M. H. (2021). Digital Community Development: Pemberdayaan Komunitas Digital dalam Melestarikan Kearifan Lokal. Nomosleca, 7(1), 1–10.​

Fatoni, M. H. (2022). Analisis Program Public Relations “Tolvaganza” Pt Abc Dalam Meningkatkan Jumlah Membership Tolmakassar.Com Di Kota Makassar. http://103.229.202.68/dspace/handle/123456789/8595

Fill, C., & Turnbull, S. (2019). Marketing Communications: Discovery, Creation and Conversations (7th ed.). Pearson Education.

Fog, K., Budtz, C., Munch, P., & Blanchette, S. (2010). Storytelling: Branding in practice (2nd ed.). Springer.

Fuchs, C. (2010). Alternative Media as Critical Media. European Journal of Social Theory, 13(2), 173–192. https://doi.org/10.1177/1368431010362294

Hendrasto, F. (2017). Peran Identifikasi Merek dan Brand image dalam Mempengaruhi Cinta kepada Merek. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 13(2), 94. https://doi.org/10.21067/jem.v13i2.1761

Kapferer, J.-N. (2012). The New Strategic Brand Management: Advanced Insights and Strategic Thinking (5th ed.). Kogan Page.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (4th ed.). Pearson.

Keller, K. L. (2020). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity.

Pearson. Livingstone, S. (2004). The challenge of changing audiences: Or, what is the audience researcher to do in the age of the internet? European Journal of Communication, 19(1), 75–86.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Kusno, F., Radityani, A., & Kristanti, M. (2007). Analisa hubungan brand strategy yang dilakukan Goota Japanese Charcoal Grill and Café dan brand equity yang sudah diterima konsumen. Jurnal Manajemen Perhotelan, 3(1), 43-56.

Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). Social Media: The New Hybrid Element of the Promotion Mix. Business Horizons, 52(4), 357–365.

Mochtar, M. A. (2022). Strategi Marketing Public Relations Dalam Membangun Brand image Di Se ’ I Sapiku.

Moorthi, Y. L. R., & Sivakumar, V. J. (2016). Brand management: Text and cases. PHI Learning Pvt. Ltd.

Mulitawati, I. M., & Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram@ ahlinyaobatmaag). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1), 23-38.

Nurmelyani, N., Harahap, S., & Azhar, A. A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Cs Float Dalam Memperkenalkan Brand Image Di Kabupaten Labuhanbatu. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(11), 2653-2664.

Pradhana, F. I. (2022). Perancangan Desain Ui/Ux Aplikasi Mobile Startup Sajiloka Dengan Lean Ux. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40613%0Ahttps://dspace. uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/40613/18523060.pdf

Prasetyo, A., & Ahmadi, M. A. (2024). Pengaruh aktivitas pemasaran media sosial terhadap niat pembelian: Dengan peran mediasi brand image dan brand trust. Culture education and technology research (Cetera), 1(3), 43-55.

Raden Bagus Faizal Irany Sidharta, N. L. A. S. dan W. S. (2018). Purchase Intention Pada Produk Bank Syariah Ditinjau Dari Brand Awareness Dan Brand image Dengan Trust Sebagai Variabel Mediasi. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 135.

Sanjiwani, N. M. D., & Suasana, I. G. A. K. G. (2019). Peran Brand image Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6721. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p17

Schultz, D. E., Tannenbaum, S. I., & Lauterborn, R. F. (1993). Integrated Marketing Communications: Putting It Together and Making It Work. NTC Business Books.

Sinambela, E. A., & Mardikaningsih, R. (2022). Loyalitas Merek Milo Ditinjau dari Kualitas Produk dan Brand image. Jurnal Simki Economic, 5(2), 155–164. https://doi.org/10.29407/jse.v5i2.155

Soelistyowati, R. D. (2018). Peran Youtube Dalam Membangun Brand image Bagi Pengguna Aplikasi Go-Jek (Studi Deskriptif Kualitatif Peran Youtube Dalam Komunikasi Pemasaran Online Bagi Pengguna Aplikasi Go-Jek Tentang Iklan Promo Gojek Versi Kamu). DiMCC Conference Proceeding, 1(0), 2018–2165.http://e-journal.president.ac.id/presunivojs/index.php/DIMCC/article/view/515

Suryasuciramdhan, A., Zulfikar, M., Rahmanda, E., Feranza, F. Y., & Kartika, K. (2025). Peran Media Public Relations dalam Menciptakan Engagement di Era Digital. Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam, 11(2), 63-78.

Susanto, A. S., & Setyanto, Y. (2019). Strategi Public Relations SmartSpin PR dalam Membangun Brand image Klien (Studi Pada Re:ON comics). Prologia, 3(2), 320. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6349

Susanto, A. (2017). Perilaku Mengakses Informasi dan Persepsi terhadap Berita Hoax di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Dakwah, 24(2), 117–130.​Jurnal UIN Jakarta

Tim Kreatif Telum Media. (2020). Telum Talks To... Catharina Davy, CEO and Co-Founder, Narasi. Telum Media.

Wheeler, A. (2018). Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team (5th ed.). Wiley.

Winata, F. C., & Deavvy. (2018). Peran Media Digital Dalam Mengkomunikasikan Misi Perusahaan (Studi Kasus ‘Catatan Najwa: Episode Maudy Ayunda Suka Belajar’). 1–23.

Yoedtadi, D. (2021). Magdalene.co sebagai Media Advokasi Perempuan. ResearchGate.

Link:

https://www.oberlo.com/statistics/social-media-usage-statistics-by-age (diakses pada tanggal 20 Juni 2025)

Downloads

Published

2025-07-23

How to Cite

MOCHAMMAD WILDAN BERLIAN ASHSHOFI, & Vinda Maya Setianingrum. (2025). Peran Brand Strategist Dalam Membangun Brand Image Untuk Meningkatkan Engagement Audiens. The Commercium, 9(3), 392–401. https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.71849
Abstract views: 11 , PDF Downloads: 11