Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu English Madany dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Kelas Online
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.71850Keywords:
implementasi, komunikasi pemasaran, terpadu, kelas onlineAbstract
Penelitian menganalisis implementasi komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communication/IMC) yang dilakukan oleh English Madany dalam meningkatkan penjualan kelas online. Strategi IMC yang diterapkan meliputi advertising, sales promotion, direct marketing, public relations, dan personal selling. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa advertising menjadi elemen utama dalam mendorong closing, sementara promosi personal dan komunikasi langsung memperkuat hubungan dengan audiens. Public relations dan aktivitas sosial turut membangun citra positif lembaga. Keberhasilan strategi ini didukung oleh penerapan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) yang tepat, serta membuka peluang pengembangan seperti program korporat, komunitas alumni, dan produk digital mandiri. Penelitian ini menekankan pentingnya integrasi strategi pemasaran digital yang berbasis data dalam industri pendidikan daring.
Downloads
References
Akbar, H. (2021). PPKM Level 4, Siswa Kampung Inggris Justru Melonjak 300 Persen.
Bahtiar, Haidir. 2017. Implementasi Integrated Marketing Communication (Imc) Pada Media Komunikasi Visual Aditya Catering Semarang. Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Semarang
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018). Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective. mcgraw-hill.
Basrowi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Cheung, C. M., Lee, M. K., & Rabjohn, N. (2009). The impact of electronic word-of-mouth: The adoption of online opinions in online customer communities. Internet Research, 19(1), 38–59. https://doi.org/10.1108/10662240910927854
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2006). Effective Public Relations (9th ed.). Pearson Education.
Cornelissen, J. (2017). Corporate Communication: A Guide to Theory and Practice (5th ed.). SAGE Publications.
Doyle, P. (2000). Value-based marketing. Journal of Strategic Marketing, 8(4), 299-311.
Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
East, R., Hammond, K., & Wright, M. (2008). The relative incidence of positive and negative word of mouth: A multi-category study. International Journal of Research in Marketing, 25(3), 215–224. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2008.04.001
Fariana, S. (2021). PPKM Level 4, Siswa Kampung Inggris Justru Melonjak 300 Persen. Jawapos.
Faustinus. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta.
Fitri Lukiastuti, M. H. (2008). Manajemen strategik dalam organisasi. Yogyakarta: Medpress.
Futrell, C. (2014). Fundamentals of Selling: Customers for Life through Service (13th ed.). McGraw-Hill Education.
Grewal, L. (2013). Marketing.
Grunig, J. E., & Hunt, T. (1984). Managing Public Relations. Holt, Rinehart and Winston.
Gobé, M. (2001). Emotional Branding: The New Paradigm for Connecting Brands to People. Allworth Press.
Hollebeek, L. D., Glynn, M. S., & Brodie, R. J. (2014). Consumer brand engagement in social media: Conceptualization, scale development and validation. Journal of Interactive Marketing, 28(2), 149–165. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2013.12.002
Jesse Marcelina, B. T. (2016). PENGARUH MARKETING MIX (7P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIHAN PADA GUEST HOUSE DI SURABAYA.
Johnston, M. W., & Marshall, G. W. (2013). Sales Force Management: Leadership, Innovation, Technology (11th ed.). Routledge.
Keller, K. L. (2001). Building customer-based brand equity: A blueprint for creating strong brands. Marketing Management, 10(2), 15–19.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, Philip; Keller, Kevin Lane (2022) Marketing Management.16th Edition. United States of America: Pearson
M Suryadana, V. O. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata.
McMillan, S. J., & Hwang, J. S. (2002). Measures of perceived interactivity: An exploration of the role of direction of communication, user control, and time in shaping perceptions of interactivity. Journal of Advertising, 31(3), 29–42. https://doi.org/10.1080/00913367.2002.10673674
Mita Andri Yani. 2020. Analisis Integrated Marketing Communication (Imc) Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Bprs) Adam Bengkulu. Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri Iain Bengkulu.
Moriarty, S., Mitchell, N., & Wells, W. (2018). Advertising & IMC: Principles and Practice (11th ed.). Pearson.
Nur Afni Lathifah, Agus Purnomo, Sukamto. 2020. Dinamika Pengelolaan Kampung Inggris Oleh Masyarakat Di Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. Universitas Negeri Malang.
Nana. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran.
Pandu Digdoyo Tanpo Aji. 2019. Strategi Komunikasi Pemasaran Language Center Di Kampung Inggris Pare. Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia.
Percy, L. (2022). Strategic Integrated Marketing Communications (3rd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003242945
Philip Kotler, G. A. (2001). Principles of Marketing.
Philip Kotler, K. L. (2012). Marketing Management.
Rahayu, N. (2020). Implementasi Strategi Marketing Mix dalam Pemasaran Jasa Pendidikan di TK Negeri 2 Yogyakarta.
Rust, R. T., Zeithaml, V. A., & Lemon, K. N. (2004). Customer-Centered Brand Management. Harvard Business Review. https://hbr.org/2004/09/customer-centered-brand-management
Schultz, D. E. (1992). Integrated marketing communications. Journal of Promotion Management, 1(1), 99-104.
Sefti, F. (2016). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P di Cherryka Berry.
Shimp, T. A., & Andrews, J. C. (2013). Advertising Promotion and Other Aspects of Integrated Marketing Communications (9th ed.). Cengage Learning.
Sunyoto, D. (2012). Dasar-dasar manajemen pemasaran.
Todorova, G. (2015). Marketing communication mix. Trakia Journal of sciences, 13(1), 368-374.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran.
Wilcox, D. L., Cameron, G. T., & Reber, B. H. (2015). Public relations: Strategies and tactics. Pearson.
Zeithaml, B. G. (2009). Service Marketing: Integrating Customer Fouc Across Firm.
Online :
Tim Internal. 2021. Company Profile English Madany
https://kampunginggrism.com (di akses pada 2 Maret 2024)
https://mediaindonesia.com/humaniora/420577/kursus-online- permudah-akses-belajar-bahasa-inggris (di akses pada 2 Maret 2024)
https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200312000124-134- 482676/who-umumkan-virus-corona-sebagai-pandemi (di akses pada 2 Maret 2024)
https://www.cnbcindonesia.com/news/20200331171026-4-148847/jokowi-terbitkan-peraturan-pemerintah-psbb-ini-respons-mpr (di akses pada 2 Maret 2024)
https://mediaindonesia.com/humaniora/420577/kursus-online-permudah-akses-belajar-bahasa-inggris (diakses pada 15 Maret 2025)
https://m.jpnn.com/news/kursus-di-kampung-inggris-kediri-makin-meningkat (diakses pada 15 Maret 2025)
https://www.jawapos.com/pendidikan/01335661/ppkm-level-4-siswa-kampung-inggris-justru-melonjak-300-persen (diakses pada 15 Maret 2025)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

