Motif Wisatawan Pengguna Jasa Open trip Travel (Studi Fenomenologi pada Generasi Z Urban)
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72072Keywords:
motif, wisatawan, jasa open trip, travel, generasi zAbstract
Penelitian fenomenologi ini mengeksplorasi motif Gen Z urban dalam memilih jasa open trip travel. Meski open trip tampak populer saat ini, hasil penelitian menunjukkan open trip seringkali bukan preferensi utama yang berulang, melainkan pilihan situasional ketika Gen Z urban mengalami keterbatasan atau kekurangan informasi, belum memiliki teman perjalanan, atau sebagai pengalaman traveling awal. Tujuan penelitian adalah memahami makna traveling sebagai gaya hidup dan esensi pengalaman memilih open trip bagi mereka. Dengan metode kualitatif melalui in-depth interview pada Gen Z urban, ditemukan bahwa motif traveling secara umum didorong oleh faktor personal (eksplorasi diri, pengalaman baru, aktualisasi diri) dan situasional (lingkungan psikososial dan objektif). Dengan melihat motif tersebut, open trip menjadi solusi praktis yang menjembatani dorongan personal dengan keterbatasan situasional dan dipilihnya open trip sebagai model wisata banyak didasari oleh alasan "pengalaman pertama" karena menawarkan rasa aman, praktis, dan tersedianya komunitas sementara sehingga menciptakan kesempatan jejaring sosial.
Downloads
References
Damanik, J., Priyambodo, T. K., Wibowo, M. E., Pitanatri, P. D. S., & Wachyuni, S. S. (2023). Travel behaviour differences among Indonesian youth in Generations Y and Z: pre-, during and post-travel. Consumer Behavior in Tourism and Hospitality, 18(1), 35–48. https://doi.org/10.1108/CBTH-07-2021-0184
Entas, D., Yenny, M., Putri, N. M. D. R., & Kurniawati, R. (2022). Open trip Among Jakarta Millennial Travelers in Post Pandemic Covid-19. In Proceedings of the International Academic Conference on Tourism (INTACT) “Post Pandemic Tourism: Trends and Future Directions” (INTACT 2022) (pp. 269–277). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-73-2_20
Haratikka, H., & Silitonga, H. (2023). Minat Perjalanan Wisata Pada Generasi Z di Tebing Tinggi. 5(2). https://doi.org/10.37253/altasia.v5i2.7631
Hidayat, W. (2021). GAYA HIDUP MASYARAKAT PERKOTAAN (STUDI KASUS TERHADAP PELANGGAN WARUNG KOPI DI KOTA MAKASSAR).
Suryaningsih, ika, Nugraha, K., & Moelyadi, D. (2020). Travel Choice Component: Is The Price Important For Open trip Tourists? Jurnal Manajemen, 24(2), 266. https://doi.org/10.24912/jm.v24i2.647
Treya. (2017). What is an Open trip?
Waworuntu, E. C., Kainde, S. J. R., & Mandagi, D. W. (2022). Work-Life Balance, Job Satisfaction and Performance Among Millennial and Gen Z Employees: A Systematic Review. Society, 10(2), 384–398. https://doi.org/10.33019/society.v10i2.464
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

