ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP LIVE STREAMING TIKTOK PRODUK GLAD2GLOW

Authors

  • Miftahul Nurul Qolbidiasih Universitas Negeri Surabaya
  • Teguh Dwi Putranto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72118

Keywords:

Analisis Resepsi, Elaboration Likelihood ModelGlad2glow, Glad2glow, Live Streaming, TikTok

Abstract

Perkembangan platform digital yang pesat telah menggeser strategi pemasaran tradisional menuju format yang lebih interaktif seperti live streaming di TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana audiens memaknai pesan promosi dalam live streaming TikTok Glad2Glow, dengan menggunakan konsep pemaknaan Stuart Hall yang meliputi posisi dominant-hegemonic, negotiated, atau oppositional. Selain itu, penelitian ini juga akan dikaji melalui perspektif Elaboration Likelihood Model (ELM), yakni jalur pemrosesan pesan melalui central route dan peripheral route. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis resepsi, melalui wawancara mendalam terhadap informan berusia 18-35 tahun yang pernah menonton live streaming TikTok Glad2Glow. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audiens memiliki resepsi yang beragam. Dua informan berada dalam posisi dominant-hegemonic, yakni menerima pesan secara utuh dan positif yang cenderung memproses pesan melalui jalur periferal. Dua informan berada pada posisi negotiated yang cenderung berada pada jalur pemrosesan pesan yang bervariasi tergantung pada aspek mana yang mereka sepakati atau tolak, karena dalam hal ini informan menerima sebagian pesan namun melakukan penyesuaian terhadap hal lain. Sementara satu informan berada pada posisi oppositional di mana pemrosesan pesan melalui jalur sentral yang menunjukkan ketidaksetujuan terhadap pesan karena kurang relevan dengan kebutuhan dan preferensi belanja pribadinya. Temuan ini menunjukkan bahwa efektivitas live streaming sebagai strategi komunikasi pemasaran bergantung pada kombinasi antara pesan yang persuasif, kredibilitas komunikator, visualisasi produk, interaktivitas, serta kesesuaian dengan kebutuhan audiens.

Downloads

Download data is not yet available.

References

APJII. (2024). Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Retrieved from https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Auliya, F. A. (2025). Analisis Resepsi Gen Z Terhadap Konten “ Semua Orang Bisa Keren ” Dalam Pemasaran Di Akun Tiktok @ Rucas, 9(1), 205–217. https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65057

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Appproaches (3rd ed.). United States of Amerika: Vicki Knight.

Dewi, S. (2021). Kajian Pustaka Dalam Penentuan Tipe Dan Permasalahan Kulit Wajah, 1, 17–21. https://doi.org/10.20885/snati.v1i1.3

Fastmost Tiktok Analytic. (2025). Retrieved from https://www.fastmoss.com/id/dashboard?utm_country=ID&utm_lang=id&utm_south=google&utm_id=kw_id_0923_01&utm_video=new&gad_source=1&gclid=CjwKCAiApY-7BhBjEiwAQMrrEWj7nymyT0w1vxY8RHNqWRGP54P85NK1CXboF1k6KKuFeWFCAXru2RoCKX8QAvD_BwE

Griffin, E. A. (2003). A First Loook At Communication Theory. Mc Grraw-Hill.

Hartiningtyas, A. J., & Iflah, I. (2023). Persepsi Followers Terhadap Konten TikTok resep _ inspirasi _ debm, 14(2), 192–202. https://doi.org/10.31294/jkom.v14i2.15744

Hayati, C., & Sudradjat RH. (2022). SEIKO : Journal of Management & Business Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Platform Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Brand Awareness Butik Aishable, 4(3), 415–426. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2785

Hidayat, Z. (2016). Dampak Teknologi Digital Terhadap Perubahan Konsumsi Media Masyarakat. Dampak Teknologi Digital Terhadap Perubahan Konsumsi Media Masyarakat Jurnal Komunikologi, 13(2), 59.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian (1 Cet.4). Depok: Rajawali Pers.

Izdihar, A. N. (2023). Resepsi Followers Instagram @Pergijauh Terhadap Citra Diri Gofar Hilman.

Kalodata. (2025). Kalodata. Retrieved from https://www.kalodata.com/shop

Kusuma, L. M., Wipudiari, M. B., Enshito, K. S. R., Jahja, A. S., Sekar, K., & Enshito, R. (2023). Pengaruh Influencer, User Generated Content, Brand Image Terhadap Purchase Intention Produk Skintific di Media Sosial TikTok. Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.59066/jmae.v2i1

Macharani, A. P., & Arviani, H. (2023). Analisis Resepsi Karyawan Jakarta Terhadap Konten Media Sosial Instagram Kopi Tuku ( Studi Kasus: Konten Media Sosial Instagram Kopi Tuku ). Journal Of Social Science Research, 3(4), 8835–8846. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Marini, E. N., & Shabrina, A. (2024). Analisis Resepsi Followers Gen Z Terhadap Kasus Pelecehan Seksual dalam Konten Kisah @ Perempuanberkisah, 6(1), 182–191. https://doi.org/10.33366/jkn.v6i1.427

Oktaviani, I. S. (2022). Analisis Resepsi Konsumen Pada Iklan Instagram Kafe Pray Coffee & Eatery Tembalang, Kota Semarang.

Perbawaningsih, Y. (2012). Menyoal Elaboration Likelihood Model ( ELM ) dan Teori Retorika. Ilmu Komunikasi, 9(1), 1–17. https://doi.org/10.24002/jik.v9i1.50

Pradika, M. F., & Sumardjijati. (2023). Penggunaan Aplikasi Tiktok sebagai Media Pemasaran Pof Perfume, 05(04), 12444–12456.

Purnamasari, N. P., & Tutiasri, R. P. (2021). Analisis Resepsi Remaja Perempuan terhadap Gaya Hidup Berbelanja Fashion Melalui Tayangan Video „ Belanja Gak Aturan ‟ dalam Akun Tiktok @ handmadeshoesby, 7(01), 79–91. https://doi.org/10.30996/representamen.v7i01.5129

Ramadhanty, F., & Fitriana. (2022). Pengaruh Live Shopping Tiktok @Skintific_Indonesia Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Fajar, 1–16.

Romadhonah, I. S., & Ibrahim, M. (2023). Komunikasi Dakwah Dalam Bingkai Teori-Teori Psikologi, 3(2), 77–88. https://doi.org/10.59003/nhj.v3i2.900

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. In Metode Penelitian Kualitattif (p. 7). Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=dSpAlXuGUCUC&oi=fnd&pg=PA2&dq=penelitian+kualitatif+creswell&ots=_AS3AyHNQY&sig=mb_Ucfg5V07EHhI5OlcnKlNn0Ws&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian kualitatif creswell&f=false

Silviani, I., & Darus, P. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Integrated Marketing Communication (1st ed.). Surabaya: Scopindo Media Pustaka. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=CTFAEAAAQBAJ&lpg=PA3&ots=UolbnQxjMl&dq=belch dan belch komunikasi pemasaran&lr&hl=id&pg=PA3#v=onepage&q=belch dan belch komunikasi pemasaran&f=false

Sulistyanto, A. (Universitas B. J. (2020). Modul Teori Komunikasi.

Downloads

Published

2025-07-28

How to Cite

Miftahul Nurul Qolbidiasih, & Teguh Dwi Putranto. (2025). ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP LIVE STREAMING TIKTOK PRODUK GLAD2GLOW . The Commercium, 9(3), 488–502. https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72118
Abstract views: 16 , PDF Downloads: 21