ANALISIS DESTINATION BRANDING POKDARWIS DEWANA DALAM MENGEMBANGKAN DESA WISATA BERBASIS BUDAYA DI DESA NGADIWONO, KABUPATEN PASURUAN, JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72193Keywords:
branding, pokdarwis, dewana, desa wisataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis destination branding yang diterapkan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dewana dalam mengembangkan desa wisata berbasis budaya di Desa Ngadiwono. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini secara spesifik mengkaji tahapan-tahapan destination branding berdasarkan teori Morgan & Pritchard. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pokdarwis Dewana telah melaksanakan tahapan destination branding yang diusulkan oleh Morgan & Pritchard, meliputi identifikasi segmentasi dan minat pengunjung, pengembangan citra dan brand identity, komunikasi brand, serta monitoring, evaluasi, dan review pengembangan brand yang lebih optimal di masa mendatang. Usaha Pokdarwis Dewana dalam melibatkan masyarakat lokal, melestarikan nilai-nilai budaya, serta membangun citra positif desa sebagai destinasi wisata budaya yang autentik, menjadi kunci keberhasilan dalam upaya pengembangan ini. Penerapan strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan daya tarik dan pengenalan Desa Ngadiwono sebagai destinasi wisata budaya.
Downloads
References
Afiah, F. N. (2024). bentuk-bentuk relasi masyarakat hindu dan islam pada suku tengger desa ngadisari, kabupaten probolinggo. Jember: digilib uinkhas.
Agustin, A. P. (2024, June 04). Destination branding: Membangun Citra Destinasi yang Memikat dan efektif. bvcd Tel-u.
Badan-Pusat-Statistik. (2024). Jumlah Devisa Sektor Pariwisata (Miliar US $), 2021-2022. bps.go.id.
Pokdarwis Dewana, (n.d.). Retrieved from @pokdarwis_dewana: https://www.instagram.com/pokdarwis_dewana?igsh=MTc0Y3pqcXZ0anh1MA==
Diskominfojatim. (2023, August 4). Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur. Retrieved from Kominfo Jatimprov: kominfo.jatimprov.go.id
Emil. (2021). Pemerintah kabupaten Pasuruan. Retrieved from pasuruankab.go.id: https://www.pasuruankab.go.id/beritalike/7039/Desa-ngadiwono-ditetapkan-jadi-desa-sadar-kerukunan-umat-beragama-di-jawa-timur
Hidayatullah. (2018). Strategi destination branding desa bandar kidul kota kediri sebagai desa wisata kerajinan tenun ikat. Malang.
Ines Wulan Sari, V. I. (2017). Strategi Podarwis Dalam Pemberdayaan masyarakat Melalui Desa Wisata (Studi Kasus Desa Wisata Giyanti, Wonosobo. Jurnal Kajian Sosiologi.
Limanseto, H. (2021). Pembangunan Kepariwisataan Melalui Pengembangan Desa Wisata Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Jakarta: ekon.go.id.
Maulana, I. A. (2022). Strategi Kelompok Sadar WIsata Dalam Mengembangkan Ekowisata di Desa Wisata Tanjung Luar Kecamatan keruak kabupaten Lombok Timur. Lombok Timur.
misqar, R. &. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Pokdarwis Wukirsari dalan Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Batik Tulis Giriloyo.
Narario, F. R. (2022). fotografi dokumenter ritual adat entas-entas suku tengger di desa sedaeng, Kecamatan Tosari. Yogyakarta: Perpistakaan ISI Yogyakarta.
Ningsih, S. Y. (2023). Strategi pengembangan Wisata Dessa Oleh pemerintah Kecamatan Way Ratai (studi kasus desa harapan jaya, desa gunungrejo, dan desa ceringin asri tahun 2022-2023.
Padli, Z. (2023). strategi kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dalam pengembangan objek wisata di Kota Panjang Nagari Langsek Kadok kabupaten Pasaman Sumatera Barat. Sumatera barat.
Panda. (2024, Mei 13). Panda. Retrieved from Panda.id: https://www.panda.id/membuka-pintu-wisata-sejarah-pengembangan-desa-wisata-berbasis-warisan-budaya/
Prabowo, A. A. (2023). StrategiKomunikasi Penguatan branding Wisata Desa Pegunungan Lawu. digilib UNS.
Pramita, N. H. (2012). ETNOBOTANI UPACARA KASADA MASYARAKAT TENGGER, DI DESA NGADAS, KECAMATAN PONCOKUSUMO, MALANG. malang: repository ub.
Priyono, A. (2024, 8 7). Sejarah Pokdarwis Dewana. (R. A, Interviewer)
Ramayani, E. K. (2021). tradisi unan unan sebagai perekat antar umat beragama di suku tengger. surabaya: digilib uinsa.
Riskiyanto, M. (2022). Strategi branding Desa Wisata Kemiri Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Jember.
RobbyHaqqi, M. (2020). Perancangan Destination branding Desa Wisata Tambakrejo Kabupaten Malang Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness. Malang: reposiory dinamika.
Rohmah, S. A., & Ahwan, Z. (2024). Tourism Construction Model: Pengembangan Rintisan Desa Wisata Khas Suku Tengger di kawasan Hinterland Bromo Pasuruan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 6 (1) 125-135.
ruja, n. h. (2022). analisis proses eksternalisasi, objektivasi, internalisasi, dan makna simbolik upacara adat karo suku tengger. malang: jurnal sosial dan budaya.
Safika, N. (2021). Strategi branding Pariwisata Melalui Instagram Di Kota Parepare. Parepare.
Saputra, D. T. (2011). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Wisatawan Asing Berlibur di Objek Wisata Gunung Bromo Jawa Timur. Surabaya: UPN Jatim Repository.
setiawan, D. (2021). Analisis Strategi branding Desa wisata Gunungsari Kecamatan Madiun Dalam Mewujudkan Kampung Budaya Berbasis Budaya Jawa. Unpo Repository.
Setyawati, K. (2019). Destination branding Desa Wisata Nglinggo Dalam Mengembangkan Destinasi Wisata. Yogyakarta.
Sicillia, R. (2015). implementasi Strategi branding Usaha Batik Dan Pengembangan Terhadap Perilaku Konsumen Dan Loyalitas Konsumen Pada UMKM Batik Pekalongan Jawa Tengah. TEKNOBUGA.
Siregar, N. A., & Priyatmoko, R. (2022). Strategi Desa Wisata Berbasis Budaya. Patrawidya, 31-33.
Sudibya, B. (2018). Wisata Desa dan Desa Wisata. Jurnal bappeda Litbang.
Trida, M. (2022). DESTINATION branding DESA PEBAUN HILIR KECAMATAN KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI SEBAGAI DESA WISATA MELALUI WISATA TOBEK PABOUN. RIAU.
UNY. (n.d.). KOMUNIKASI PEMASARAN. JURNAL UNY, 11.
WIcaksono. (2022). Destination branding strategy dalam membangun Desa Wisata sebagai upaya Pemulihan Sektor Pariwisata. Bogor.
Yuwono, J. (2024, februari 5). indonesianer. Retrieved from indonesianer.com: https://www.indonesianer.com/read/1168/taman-nasional-bromo-tengger-semeru-ditetapkan-sebagai-taman-terindah-ketiga-di-dunia.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 51
,
PDF Downloads: 34