Studi Persepsi Perempuan Gen Z Terhadap Personal Branding Trisha Phawta (@cadburylemonade) di TikTok

Authors

  • Karisma Tri Wahyuni Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Prasetyo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72270

Keywords:

Gen Z, Personal Branding, TikTok, Uses and Gratifications, persepsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi perempuan Gen Z terhadap strategi personal branding akun TikTok @cadburylemonade dalam menyajikan konten fashion dangdut. TikTok kini menjadi media populer di kalangan Gen Z dalam mengekspresikan identitas, termasuk melalui konten visual. Akun @cadburylemonade menampilkan karakter yang unik, ekspresif, dan konsisten, serta menyisipkan unsur budaya lokal dalam gaya berpakaian yang nyentrik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam terhadap sembilan followers perempuan Gen Z yang aktif mengikuti akun tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para informan memaknai personal branding @cadburylemonade sebagai cerminan dari keberanian tampil beda, keunikan, serta kemampuan menghibur melalui gaya yang lucu dan jenaka. Unsur humor menjadi salah satu daya tarik utama yang membuat kreator terasa lebih dekat, ringan, dan relevan di mata audiens. Persepsi ini sejalan dengan delapan konsep personal branding menurut Peter Montoya, serta teori Uses and Gratifications, di mana audiens mendapatkan gratifikasi berupa hiburan, pembentukan identitas, dan interaksi sosial. Dengan demikian, akun ini tidak hanya menjadi ruang ekspresi kreator, tetapi juga berperan sebagai representasi budaya populer lokal yang diterima secara positif oleh Gen Z.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiralars. (2023). Fashion Cadburylemonade membentuk budaya dan citra diri pada media sosial. Kompasiana.

Annisa, F., Fadli, M. R., Suherman, N., & Prawira, I. F. A. (2024). Pengaruh Strategi Pemasaran Melalui TikTok Terhadap Minat Beli Konsumen: Studi Literatur. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran, 2(2), 183–193.

Aurelia, Y. (2023). Interaksi sosial Melalui Media Sosial Tik-Tok di Kalangan Siswa SMA PGRI 4 Jakarta. Global Komunika, 6(2), 46–54.

Brooks, R., Christidis, R., Carah, N., Kelly, B., Martino, F., & Backholer, K. (2022). Turning users into ‘ unofficial brand ambassadors ’: marketing of unhealthy food and non- ­ alcoholic beverages on TikTok. BMJ Global Health, 7(10), 1–9. https://doi.org/10.1136/bmjgh-2022-009112

Dewi, S. . (2023). Setelah kue dan mamba, muncul tren gaya fesyen dangdut. Hypeabis.Id.

Diantari, N. K. yuni. (2021). Fast Fashion Sebagai Lifestyle Generasi Z di Denpasar ( Fast Fashion as a Generation Z Lifestyle in Denpasar ). Sandi Seminar Nasional Desain, 1, 1–7.

Diyanti, T. M., & Irwansyah, I. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam industri fashion indonesia. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(01), 8–18.

Fanaqi, C. (2021). TikTok Sebagai Media Kreativitas Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi Dan Dakwah, 22(1), 105–130.

Finy F, B., & Romaria, G. (2020). Perancangan konten edukatif di media sosial. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 5(2), 22.

Furqon, Fitri, F., Romli, R., & Prastowo, A. A. (2020). Personal Branding Andrea Gunawan sebagai Lifestyle Influencer di InstagramNo Title. JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan), 3(1).

Gogali, V. A., & Tsabit, M. (2021). Personal Branding Konten Kreator Melalui Citra Diri Mahasiswa Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun@ Jeromepolin). Jurnal Media Penyiaran, 1(2), 117–123.

Guanxiong, H. (2020). Platform variation and content variation on social media: A dual-route model of cognitive and experiential effects. Journal of Promotion Management, 26(3), 396–433.

Hadi, S. (2016). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 22(1), 109874.

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial TikTok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Pencegahan Corona Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70–80.

Husna, A. H., & Mairita, D. (2024). Gen Z dan Perilaku Konsumsi Konten Influencer pada TikTok. Jurnal Riset Komunikasi, 7(1), 86–100.

Ismatullah, W. (2024). Personal Branding Influencer @dhiniriski14 Melalui Instagram.

Kamus Bahasa Indonesia. (2008). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia.

Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1974). Uses and gratification theory.

Kesuma, S., & Tamburian, H. H. D. (2021). Resepsi Remaja terhadap Konten @ BotakTikTok di Media Sosial TikTok. Koneksi, 5(1), 182–186.

Khofianam, A. (2024). Fenomena Musik Dangdut pada Pekerja Buruh Ikat Kangkung Plandirejo Plumpang Tuban. Repertoar Journal, 4(2), 2746–1718.

Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis Skripsi, Tesis, dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran.

Kumar, B. S., & Singh, S. (2022). A study on consumer buying behaviour for fashion and luxury brands under emotional influence. Research Journal of Textile and Apparel, 26(4), 405–418.

Mariana, D., Vale, V. T., & Faria, S. (2022). Slow fashion consumer behavior: a literature review. Sustainability, 14(5), 2860.

Marpaung, A. (2024). Pertunjukan Musik Dangdut dalam Walimah Al-Urs Menurut Undang-Undang dan Fatwa MUI ( Studi Kasus Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjung Balai ). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 16303–16312.

Natasya, Aqmar, L., Triana, K., & Faith, T. (2024). Perkembangan Minat Para Remaja Di Bandung Terhadap Genre Musik Dangdut Koplo. Multiple: Journal of Global and Multidisciplinary, 2(2), 1238–1247.

Nugroho, K. M. P., & Hermawan, D. (2023). The Influence of Guerrilla Marketing on Buying Interests in Indonesian Fashion Local Brands. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 6(2), 187–198.

Nurbaiti. (2023). Characteristics of Internet , Smartphone , and Social Media Usage among Generation Z in South Jakarta after the Covid-19 Pandemic. Journal of Health Sciences and Epidemiology, 1(3), 101–108.

Patimah, L., & Herlambang, Y. T. (2021). Menanggulangi Dekadensi Moral Generasi Z Akibat Media Sosial Melalui Pendekatan Living Values Education ( LVE ). Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 5(2), 150–158.

Pebrianti, A. (2021). Tren Penggunaan TikTok Pada Kalangan Remaja Mahasiswa Jurusan Sosiologi Angkatan 2021 FISIP UPR. Jurnal Sosiologi, IV(1), 46–51.

Pithaloka, D., Taufiq, I., & Dini, M. (2023). Pemaknaan perempuan Generasi Z terhadap maskulinitas joget Tiktok. Satwika Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 7(1), 69–78.

Putri, V. N., Yanti, D., Amelia, Lestari, D. M., & Laksana, A. (2024). Generasi Z Dalam Pembentukan Personal Branding Melalui Media Sosial TikTok. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 5(11), 94–110.

Raharjo, F. S. (2019). The Master Book Personal Branding Seni Membangun Merek Diri Dengan Teknik Berbicara.

Rozaq, M., & Utami, R. (2023). Penggunaan Platform Video Pendek Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Digital untuk UMKM. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(1), 21–30.

Salam, O. D. (2020). Personal Branding Digital Natives Di Era Komunikasi Media Baru ( Analisis Personal Branding Di Media Sosial Instagram ). Jurnal Becoss, 2(1), 19–30.

Saputra, M. U. N., & Prasetyo, K. B. (2023). Reproduksi Budaya Batik Milenial : Upaya Pelestarian dan Inovasi Batik Tradisional di Identix Batik Semarang. Jurnal Paradigma Journal of Sociology Research and Education, 4(2), 126–140. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v4i2.8046

Shaikh Muzawar, A. (2024). A Study Exploring how Tiktok Influences Users’ Behavior: in the Context of Uses and Gratification Theory, Social Comparison, and Consumption. In Effat University Institutional Repository.

Shofa, S. D. (2023). Analisis Personal Branding Ayana Moon Di Instagram.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmana, D., & Chairil, A. M. (2024). Persepsi Perempuan Generasi Z terhadap Feminine Energy pada Akun TikTok Shasa Zhania @_ shaz. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 9801–9808.

Tutiasri, R. P., Wibowo, A. A., & Pradana, J. P. (2023). Analisis Resepsi Remaja Penonton Video FYP Terhadap Popularitas Konten Kreator Unik (@ binirehan1 ) “ Begitu Sulit Lupakan Rehan .” Journal Of Media and Communication Science, 6(2), 1–10.

Utamanyu, R., & Darmastuti, R. (2022). Budaya Belanja Online Generasi Z Dan Generasi Milenial Di Jawa Tengah (Studi Kasus Produk Kecantikan di Online Shop Beauty by Asame). Scriptura, 12(1), 58–71.

Vanie, A., & Filzana, N. (2024). Konsep Pembentukan Personal Branding Peter Montoya Pada Akun Instagram @satriviavijie. Jurnal Mahardika Adiwidia, 3(2), 1–8.

Wahyuningrum, M. S. (2023). Pengaruh Online Consumer Reviews dan Promosi Menggunakan Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 4(2), 359–373.

Wening, S., & Kusumadewi, P. D. A. (2021). Tren Berkain Generasi Z : Peluang Pengembangan Industri Kreatif Bidang Busana. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 18(1).

Wicaksono, M. A., W, A. P., Maryana, D., Ilmu, F., Politik, I., & Brawijaya, U. (2021). Pengaruh Fenomena Tren Korean Wave Dalam Perkembangan Fashion Style Di Indonesia. Jurnal Sosial-Politika, 2(2), 74–85.

Wulandari, W., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Rasa Nasionalisme pada Generasi Z di Tengah Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7255–7260.

Yulia, I., Fajrini, N., & Muqsith, M. A. (2023). Tren Citayam Fashion Week dan Brand Endorsement di Tiktok. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 10(3), 939–948. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v10i3.32167

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Karisma Tri Wahyuni, & Dwi Prasetyo. (2025). Studi Persepsi Perempuan Gen Z Terhadap Personal Branding Trisha Phawta (@cadburylemonade) di TikTok. The Commercium, 9(3), 605–613. https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72270
Abstract views: 15 , PDF Downloads: 19