ANALISIS SEMIOTIKA FASHION HIJAB MODERN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (KAJIAN PADA INLUENCER HIJAB FIRA ASSEGAF @SASHFIR)
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72388Keywords:
Instagram, Modern Hijab Fashion, Influencer, Charles Sanders Peirce Semiotics,, Visual RepresentationAbstract
Penelitian ini membahas representasi dalam modernitas fashion hijab di media sosial Instagram dengan menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Fokus utama kajian ini adalah pada akun influencer hijab Indonesia, khususnya @sashfir (Fira Assegaf), yang secara aktif menampilkan konten gaya busana hijab modern. mengetahui Fashion hijab modern yang direpresentasikan melalui konten media sosial Instagram dalam modernitas Fashion hijab oleh Inluencer hijab Indonesia Fira Assegaf.. Pendekata penelitian menggunakan pendekatan kualitatif Penelitian ini dengan paradigma konstruktivisme, serta metode analisis semiotika model Peirce yang membagi tanda menjadi Sign (tanda), objek, dan interpretant. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fashion hijab modern yang ditampilkan oleh influencer mencerminkan transformasi makna hijab dari simbol religius menjadi bentuk ekspresi gaya hidup, estetika, dan identitas personal. Melalui pendekatan ini, hijab menjadi media komunikasi nonverbal yang memperkuat identitas dan budaya populer di kalangan perempuan Muslim muda.
Downloads
References
Amalia, D., Dini, G. S., Azzahra, N. A., & Marsha, N. R. (2024). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ANALISIS PERSONAL BRANDING AKUN @SASHFIR DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(1), 108–119. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index
Athala, M. A., & Rahmawati, S. (2023). Pengaruh Islam Dalam Cara Berpakaian Masyarakat Modern. Journal Islamic Education, 1(4), 270–279. https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/index
Bachtiar, M. (2019). UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. In Perancangan Program Acara Televisi Feature Eps. Suling Gamelan Yogyakarta.
Barnard, M. (2011). Fashion Sebagai Komunikasi (Y. Ibrahim, Subandy Idy & Iriantara (ed.)).
Fadiah, S. N., & Satriadi. (2024). Peran warna dalam meningkatkan daya tarik visual logo. PARATIWI: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 3(2), 126–134. https://ojs.unm.ac.id/paratiwi/article/view/62470?TSPD_101_R0=085ba2cd96ab20004cd713d582401679681097ccfa75b63e8b702d43e86527d5b065ecec14c4bc0208e133ed111430000744471fe589c06852c6131f551b3f97cb0f07c5c2f3050bf8c6fef97dda69d6d258af8a36962a9e999b8398d6c4cd02
Hidayat, T. P. (2023). Peran Penting Palet Warna Dan Semiotika Dalam Interpretasi Poster Film. Tuturrupa, 5(1), 34–47. https://doi.org/10.24167/tuturrupa.v5i1.10739
Hoed, B. . (2014). Semiotik dan dinamika budaya (p. 348).
Hutauruk. (2016). Pengaruh Efek Warna Netral di Ruang Baca Dewasa Terhadap Psikolog Pengunjung Bapusipda Jawa Barat. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 44(Desember), 1046–1057.
JFW. (2023). Modest Wear Trend: Gaya Hijab Modern dari Jakarta Fashion Week 2024. https://www.jakartafashionweek.co.id/jfw-2024/modest-wear-trend-gaya-hijab-modern-dari-jakarta-fashion-week-2024
Latifa, A. A. (2024). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Fashion Muslim Lokal Lafiye melalui Tiktok dan X. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(3), 12. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2713
Luzar, L. C. (2011). HASIL DAN PEMBAHASAN Terminologi Warna. Efek Wwarna Dalam Dunia Desain Dan Periklanan, 2(9), 1084–1096.
Sojali, R., Iffani, R. R., Tulus, L., Noviyanti, D., Ermawanti, A., & Sitepu, R. B. (2021). Pengaruh Trend Hijab Terhadap Minat Beli Kaum Wanita Muslimah. Media Mahardhika, 19(3), 608–617. https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i3.285
Subakti, H., Syamil, R. U. H. G. D. E. M. Y. S. K. M. R. A. A., Musriati, M. A. F. M. S. H. J. P. N. S. T., & Amane, A. P. O. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In S. Bahri (Ed.), Rake Sarasin (Issue Desember). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

