ANALISIS SEMIOTIKA FASHION HIJAB MODERN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (KAJIAN PADA INLUENCER HIJAB FIRA ASSEGAF @SASHFIR)

Authors

  • Nur Rahma Alfattianis Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Aisyiyah Rachma Dewi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72388

Keywords:

Instagram, Modern Hijab Fashion, Influencer, Charles Sanders Peirce Semiotics,, Visual Representation

Abstract

Penelitian ini membahas representasi dalam modernitas fashion hijab di media sosial Instagram dengan menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Fokus utama kajian ini adalah pada akun influencer hijab Indonesia, khususnya @sashfir (Fira Assegaf), yang secara aktif menampilkan konten gaya busana hijab modern. mengetahui Fashion hijab modern yang direpresentasikan melalui konten media sosial Instagram dalam modernitas Fashion hijab  oleh Inluencer hijab Indonesia Fira Assegaf.. Pendekata penelitian menggunakan pendekatan kualitatif Penelitian ini dengan paradigma konstruktivisme, serta metode analisis semiotika model Peirce yang membagi tanda menjadi Sign (tanda), objek, dan interpretant. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fashion hijab modern yang ditampilkan oleh influencer mencerminkan transformasi makna hijab dari simbol religius menjadi bentuk ekspresi gaya hidup, estetika, dan identitas personal. Melalui pendekatan ini, hijab menjadi media komunikasi nonverbal yang memperkuat identitas dan budaya populer di kalangan perempuan Muslim muda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, D., Dini, G. S., Azzahra, N. A., & Marsha, N. R. (2024). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ANALISIS PERSONAL BRANDING AKUN @SASHFIR DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(1), 108–119. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index

Athala, M. A., & Rahmawati, S. (2023). Pengaruh Islam Dalam Cara Berpakaian Masyarakat Modern. Journal Islamic Education, 1(4), 270–279. https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/index

Bachtiar, M. (2019). UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. In Perancangan Program Acara Televisi Feature Eps. Suling Gamelan Yogyakarta.

Barnard, M. (2011). Fashion Sebagai Komunikasi (Y. Ibrahim, Subandy Idy & Iriantara (ed.)).

Fadiah, S. N., & Satriadi. (2024). Peran warna dalam meningkatkan daya tarik visual logo. PARATIWI: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 3(2), 126–134. https://ojs.unm.ac.id/paratiwi/article/view/62470?TSPD_101_R0=085ba2cd96ab20004cd713d582401679681097ccfa75b63e8b702d43e86527d5b065ecec14c4bc0208e133ed111430000744471fe589c06852c6131f551b3f97cb0f07c5c2f3050bf8c6fef97dda69d6d258af8a36962a9e999b8398d6c4cd02

Hidayat, T. P. (2023). Peran Penting Palet Warna Dan Semiotika Dalam Interpretasi Poster Film. Tuturrupa, 5(1), 34–47. https://doi.org/10.24167/tuturrupa.v5i1.10739

Hoed, B. . (2014). Semiotik dan dinamika budaya (p. 348).

Hutauruk. (2016). Pengaruh Efek Warna Netral di Ruang Baca Dewasa Terhadap Psikolog Pengunjung Bapusipda Jawa Barat. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 44(Desember), 1046–1057.

JFW. (2023). Modest Wear Trend: Gaya Hijab Modern dari Jakarta Fashion Week 2024. https://www.jakartafashionweek.co.id/jfw-2024/modest-wear-trend-gaya-hijab-modern-dari-jakarta-fashion-week-2024

Latifa, A. A. (2024). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Fashion Muslim Lokal Lafiye melalui Tiktok dan X. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(3), 12. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2713

Luzar, L. C. (2011). HASIL DAN PEMBAHASAN Terminologi Warna. Efek Wwarna Dalam Dunia Desain Dan Periklanan, 2(9), 1084–1096.

Sojali, R., Iffani, R. R., Tulus, L., Noviyanti, D., Ermawanti, A., & Sitepu, R. B. (2021). Pengaruh Trend Hijab Terhadap Minat Beli Kaum Wanita Muslimah. Media Mahardhika, 19(3), 608–617. https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i3.285

Subakti, H., Syamil, R. U. H. G. D. E. M. Y. S. K. M. R. A. A., Musriati, M. A. F. M. S. H. J. P. N. S. T., & Amane, A. P. O. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In S. Bahri (Ed.), Rake Sarasin (Issue Desember). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Nur Rahma Alfattianis, & Putri Aisyiyah Rachma Dewi. (2025). ANALISIS SEMIOTIKA FASHION HIJAB MODERN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (KAJIAN PADA INLUENCER HIJAB FIRA ASSEGAF @SASHFIR): . The Commercium, 9(3), 629–642. https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72388
Abstract views: 4 , PDF Downloads: 6