PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE PADA APLIKASI FORE COFFEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Dhita Tri Murti Universitas Negeri Surabaya
  • Jauhar Wahyuni Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72389

Keywords:

Fore Coffee, Aplikasi, Keputusan Pembelian

Abstract

Fore Coffee merupakan Coffeeshop lokal yang menjadi pelopor dalam penggunaan aplikasi untuk pemesanan kopi serta terfokus kepada pengalaman pelanggan yang dipersonalisai. Tujuan adanya penelitian ini untuk mengukur dan mengetahui seberapa signifikan sebuah pengaruh dari Perceived Ease of Use pada sebuah aplikasi Fore Coffee terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Menggunakan jenis pendekatan penelitian kuantitatif dan menggunakan teknik pengambilan sampel yakni non-probability sampling, dengan metode acidental sampling menggunakan angket/kuesioner untuk mengetahui karakteristik dari responden pada penelitian ini merujuk pada pengguna Aplikasi Fore Coffee di Seluruh Indonesia. Mengambil sebanyak 400 responden dengan menggunakan analisa Uji Regresi Linear Sederhana, Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Regresi Liniear Sederhana, Uji Koefisien Determinasi, Uji T, Uji Autokorelasi dengan bantuan IBM SPSS Version 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya signifikansi Perceived Ease of Use yang ada pada Aplikasi Fore Coffee terhadap Keputusan Pembelian. Nilai R-Square yang terdapat pada Variabel Perceived Ease of Use adalah 47,5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almadani, M. A. (2022, Juli Jumat). Kompasiana Beyond Blogging. Diambil kembali dari Kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/almadaniwriter/62d8141908a8b57b4624dfe4/budaya-ngopi-di-coffee-shop-bagi-kalangan-generasi-z-di-indonesia?page=1&page_images=1

Anata Siregar, R. O. (2019, April Jumat). IDNTimes. Diambil kembali dari indtimes.com: https://www.idntimes.com/business/economy/sejak-rilis-aplikasi-pertumbuhan-fore-coffee-naik-pesat-00-62rmz-wh09nd?page=all

Andri, K. (2025, Januari Rabu).

Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Industri dan Penyegaran. Diambil kembali

dari Kompas.com: https://tanamanindustri.bsip.pertanian.go.id/berita/tren-2025-peluang-dan-daya-saing-kopi-indonesia

Anthonius Teddy, D. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Persepsi Kegunaan Sebagai Variabel Intervening. e-proceding of Management, 5425.

Chrystin Lidia Nauli Waruwu, N. S. (2025). Analisis Dinamika Perilaku Gen-Z Dalam Sistem Masyarakat (Studi Kasus Gen Z Di Kampus Universitas Pamulang Kota Serang). Jurnal Ilmu Administrasi, Pemerintahan dan Politik, 5-6.

Danny D.S Mukuan, V. (2023). Jurnal Productivity. Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Starbuck Manado Town Square, 63.

Ely Rahmawati, I. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Bantal Moker. Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 233.

Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 77-84.

Josef Evan Sihaloho, A. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 290-292.

Khurmeisari, T. W. (2024, Juli Minggu). Quora. Diambil kembali dari id.quora.com: https://id.quora.com/Apa-sih-kekurangan-dari-online-food-delivery-Gofood-Grabfood-dan-shopeefood

Martiana Wulandari, A. L. (2019). Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pengunjung Transmart Carefour Buah Batu Bandung. Jurnal Ilmiah

Michaela Louisa Muliadi, E. (2021). Analisa Pengaruh Perceived Ease of Use Terhadap Behavio Intention Melalui Perceived Ease of Usefullness Sebagai Media Intervening Pada Digital Payment OVO. Jurnal Manajemen Pemasaran, 23. MEA (Manajemen, Ekonomi & Akuntansi), 3.

midascuan.id. (2025, Juli Senin). midascuan.id. Diambil kembali dari midascuan.id: https://www.threads.com/@midascuan.id/post/DHX3Dr_RZRw/strategi-pertumbuhan-fore-peningkatan-transaksi-via-aplikasi-fore-coffee2021-90-

Nur Kholizha Putri Andini Fahsya, A. (2025). Fenomena Fear of Missing Out (FOMO) pada Generasi Z dalam Mengikuti Trend Tiktok. Jurnal Kiwari Vol 4, No.1, 62-63.

Rini Dianti Fauzi, K. A. (2024). Fenomena Budaya Ngopi di Coffee Shop Sebagai Bentuk Komunikasi Baru di Kalangan Ibu-Ibu Muda. Jurnal Ilmiah Ilmu Sekretari/Administrasi Perkantoran, 296.

Syam, A. M. (2024, Maret Minggu). Kompasiana Beyond Blogging. Diambil kembali dari kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/mallawa/65eda60814709376020e9a02/data-digital-indonesia-2024-berdasarkan-datareportal

Umroh, R. T. (2024). Pengaruh Brand Image dan Aplikasi Kopi Kenangan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kopi Kenangan di Kota Denpasar. Politeknik Negeri Bali, 4.

Yonatan, A. Z. (2024, Oktober Rabu). GoodStats. Diambil kembali dari goodstats.id: https://goodstats.id/article/survei-goodstats-kopi-jadi-bagian-dari-kehidupan-masyarakat-indonesia-D5iBT

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Dhita Tri Murti, & Jauhar Wahyuni. (2025). PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE PADA APLIKASI FORE COFFEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. The Commercium, 9(3), 643–658. https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72389
Abstract views: 8 , PDF Downloads: 8