REPRESENTASI KLIENTELISME PADA DINAMIKA PEMILU PRESIDEN 2024 DALAM FILM ESAI “DIRTY VOTE” (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

Penulis

  • Fathir Rofi Ghaniyu Jayantio Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Danu Winata Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72478

Kata Kunci:

analisis semiotika Charles Sanders Peirce, Klientelisme, Representasi Film, Film Esai, Dirty Vote

Abstrak

Pemilu sebagai fondasi demokrasi elektoral Indonesia kerap disusupi praktik klientelisme yang memanfaatkan relasi patron klien serta instrumen negara untuk kepentingan elektoral. Film esai Dirty Vote (2024) karya Dandhy Dwi Laksono menjadi media kritik yang menyoroti praktik manipulatif kekuasaan dalam Pemilu Presiden 2024. Penelitian ini bertujuan mengungkap representasi klientelisme dalam film tersebut melalui pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Dengan menggunakan metode kualitatif interpretatif, analisis difokuskan pada tandatanda visual, verbal, dan simbolik dalam beberapa adegan kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dirty Vote merepresentasikan bentuk klientelisme melalui simbol visual seperti pembagian bantuan sosial, mobilisasi kepala desa, dan netralitas semu pejabat publik. Tanda-tanda tersebut membentuk makna ideologis yang menunjukkan bagaimana demokrasi prosedural dibajak oleh relasi kekuasaan yang tidak adil. Film ini berfungsi sebagai teks budaya resistensi yang menantang hegemoni narasi resmi negara, serta menjadi bentuk artikulasi unruly politics melalui media visual. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperluas pemahaman terhadap praktik klientelisme elektoral di Indonesia sekaligus memperkaya kajian komunikasi politik visual.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aisyah, E., & Suratnoaji, C. (2024). Framing

Analysis of the 2024 Election in the

Documentary Film “Dirty Vote”.

Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan

dan Ilmu Komunikasi. Retrieved from

https://ejurnal.unisan.ac.id/index.ph

p/jipik/article/view/1130

Althusser, L. (1971). Lenin and Philosophy

and Other Essays(B. Brewster, Trans.).

Monthly Review Press.

Aspinall, E. (2013). A Nation in Fragments,

Critical Asian Studies 45(1): 32-34.

Aspinall, E., & Sukmajati, M. (Eds.). (2016).

Electoral Dynamics in Indonesia:

Money Politics, Patronage and

Clientelism at the Grassroots.

Singapore: NUS Press.

Aspinall, E., & Berenschot, W. (2019).

Democracy for Sale: Elections,

Clientelism and the State in Indonesia.

Cornell University Press.

Berenschot, W. (2018). The political economy

of clientelism: A comparative study of

Indonesia’s patronage democracy.

Comparative Politics, 50(3), 361–381.

Ferdiansah, F. (2024). Dirty Vote Film:

Unruly Politics Movement In Digital

Space. Jurnal Studi Jurnalistik.

Retrieved from

https://journal.uinjkt.ac.id/index.php

/jsj/article/view/42168

Kompas. (2024, Februari 12). Laporan

Dugaan Netralitas ASN dalam Pemilu

2024. https://www.kompas.com

Rascaroli, L. (2009). The personal camera:

Subjective cinema and the essay film.

Wallflower Press.

Ricklefs, M. C. (2008). A history of modern

Indonesia since c.1200 (4th ed.).

Palgrave Macmillan.

Sari, W. P., Putriana, M., Firstia, R., Fauzan,

B., Abdillah, F. A., Ningrum, D. R. H. A.,

& Sunaryo, R. A. (2024). Pengaruh

Terpaan Film Dokumenter Dirty Vote

Terhadap Opini Pengguna Twitter

Pada Masa Tenang Pemilu.

NIVEDANA: Jurnal Komunikasi dan

Bahasa. Retrieved from

https://radenwijaya.ac.id/jurnal/inde

x.php/NIVEDANA/article/view/1265

Sobur, A. (2021). Semiotika Komunikasi.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan

2025-08-06

Cara Mengutip

Fathir Rofi Ghaniyu Jayantio, & Muhammad Danu Winata. (2025). REPRESENTASI KLIENTELISME PADA DINAMIKA PEMILU PRESIDEN 2024 DALAM FILM ESAI “DIRTY VOTE” (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). The Commercium, 9(3), 674 – 685 . https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72478
Abstract views: 1 , PDF Downloads: 5