REPRESENTASI KLIENTELISME PADA DINAMIKA PEMILU PRESIDEN 2024 DALAM FILM ESAI “DIRTY VOTE” (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72478Kata Kunci:
analisis semiotika Charles Sanders Peirce, Klientelisme, Representasi Film, Film Esai, Dirty VoteAbstrak
Pemilu sebagai fondasi demokrasi elektoral Indonesia kerap disusupi praktik klientelisme yang memanfaatkan relasi patron klien serta instrumen negara untuk kepentingan elektoral. Film esai Dirty Vote (2024) karya Dandhy Dwi Laksono menjadi media kritik yang menyoroti praktik manipulatif kekuasaan dalam Pemilu Presiden 2024. Penelitian ini bertujuan mengungkap representasi klientelisme dalam film tersebut melalui pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Dengan menggunakan metode kualitatif interpretatif, analisis difokuskan pada tandatanda visual, verbal, dan simbolik dalam beberapa adegan kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dirty Vote merepresentasikan bentuk klientelisme melalui simbol visual seperti pembagian bantuan sosial, mobilisasi kepala desa, dan netralitas semu pejabat publik. Tanda-tanda tersebut membentuk makna ideologis yang menunjukkan bagaimana demokrasi prosedural dibajak oleh relasi kekuasaan yang tidak adil. Film ini berfungsi sebagai teks budaya resistensi yang menantang hegemoni narasi resmi negara, serta menjadi bentuk artikulasi unruly politics melalui media visual. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperluas pemahaman terhadap praktik klientelisme elektoral di Indonesia sekaligus memperkaya kajian komunikasi politik visual.
Unduhan
Referensi
Aisyah, E., & Suratnoaji, C. (2024). Framing
Analysis of the 2024 Election in the
Documentary Film “Dirty Vote”.
Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan
dan Ilmu Komunikasi. Retrieved from
https://ejurnal.unisan.ac.id/index.ph
p/jipik/article/view/1130
Althusser, L. (1971). Lenin and Philosophy
and Other Essays(B. Brewster, Trans.).
Monthly Review Press.
Aspinall, E. (2013). A Nation in Fragments,
Critical Asian Studies 45(1): 32-34.
Aspinall, E., & Sukmajati, M. (Eds.). (2016).
Electoral Dynamics in Indonesia:
Money Politics, Patronage and
Clientelism at the Grassroots.
Singapore: NUS Press.
Aspinall, E., & Berenschot, W. (2019).
Democracy for Sale: Elections,
Clientelism and the State in Indonesia.
Cornell University Press.
Berenschot, W. (2018). The political economy
of clientelism: A comparative study of
Indonesia’s patronage democracy.
Comparative Politics, 50(3), 361–381.
Ferdiansah, F. (2024). Dirty Vote Film:
Unruly Politics Movement In Digital
Space. Jurnal Studi Jurnalistik.
Retrieved from
https://journal.uinjkt.ac.id/index.php
/jsj/article/view/42168
Kompas. (2024, Februari 12). Laporan
Dugaan Netralitas ASN dalam Pemilu
2024. https://www.kompas.com
Rascaroli, L. (2009). The personal camera:
Subjective cinema and the essay film.
Wallflower Press.
Ricklefs, M. C. (2008). A history of modern
Indonesia since c.1200 (4th ed.).
Palgrave Macmillan.
Sari, W. P., Putriana, M., Firstia, R., Fauzan,
B., Abdillah, F. A., Ningrum, D. R. H. A.,
& Sunaryo, R. A. (2024). Pengaruh
Terpaan Film Dokumenter Dirty Vote
Terhadap Opini Pengguna Twitter
Pada Masa Tenang Pemilu.
NIVEDANA: Jurnal Komunikasi dan
Bahasa. Retrieved from
https://radenwijaya.ac.id/jurnal/inde
x.php/NIVEDANA/article/view/1265
Sobur, A. (2021). Semiotika Komunikasi.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

