Pengaruh Content Marketing Pada Instagram @Fabercastell_Id Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72530Kata Kunci:
Content Marketing, Keputusan Pembelian, Komunikasi Pemasaran, Faber-CastellAbstrak
Dalam pengembangan marketing digital terutama penggunaan media sosial Instagram sebagai alat promosi interaktif dan visual. Content marketing dinilai sangat penting untuk membangun ikatan emosional, menyampaikan nilai produk, dan memengaruhi langkah-langkah konsumen dalam membuat keputusan pembelian, mulai dari pengenalan masalah hingga evaluasi pasca pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei, mengumpulkan data melalui kuesioner online kepada 399 responden pengikut akun Instagram @fabercastell_id. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, heteroskedastisitas, koefisien korelasi, regresi linear sederhana, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan secara statistik antara content marekting dengan keputusan pembelian. Hasil uji t menunjukkan nilai R square sebesar 0,302, yang berarti bahwa 30,2% dari content marketing telah di pengaruhi oleh keputusan pembelian. Dapat disimpulkan bahwa strategi content marketing yang kreatif dan terarah di media sosial secara efektif memengaruhi perilaku konsumen. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pelaku usaha dalam mengoptimalkan media sosial sebagai alat pemasaran yang berdampak terhadap keputusan pembelian.
Unduhan
Referensi
Al Aziz, I. M. (2022). The Influence Of Content Marketing Instagram On Consumer Purchase Decisions (Study At Almeera Atelier). A Social Science And Entrepreneurship Journal.
Ardial, H. (2014). Paradigma Dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Astivia, O. L. (2019). Heteroskedasticity In Multiple Regression: What It Is, How To Detect It And How To Solve It. Ractical Assessment, Research & Evaluation, 24(1), 1–16.
Balaka, M. Y. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Widina Bhakti Persada Bandung.
Balaka, Y. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Https://Repository.Penerbitwidina.Com/Media/Publications/464453-Metodologi-Penelitian-Kuantitatif-10d6b58a.Pdf.
Berger, J. (2013). Contagious: Why Things Catch On. New York: Simon & Schuster.
Fadillah, S. N., & Setyorini, R. (2021). Analisis Implementasi Strategi Content Marketing Dalam Menciptakan Customer Engagement Di Media Sosial Instagram. Jurnal Vol. Xv No.02 2021. Fakultas Komunikasi Dan Bisnis, Universitas Telkom.
Faradita, P. A., & Widjajanti, K. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Harga Dan Kualitas. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi Vol. 21, No. 2, April 2023, Hal 130-141. Universitas Semarang.
Fatimah, R. (2023). Pengaruh Content Marketing Instagram Dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Di Ps. Store Medan. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25. Emarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gita Tri Lestari, D. S. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Melalui Media Aplikasi Sampurasun Dalam Mempromosikan Pariwisata. Jurnal Linimasa, Volume 3 Nomor 1, Januari 2020. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi Dan Bisnis, Universitas Telkom.
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. D. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al Kalam Jurnal Komunikasi, Bisnis, Manajement.
Inrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan: Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan.
Iriani, N. I., Sasongko, T., & Murti, N. D. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli . Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akutansivol 10 No 2, 2022. Hal 68-76. Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.
Karr, D. (2016). How To Map Your Content To Unpredictable Customer Journeys. San Francisco: Meltwater.
Kotler, P. (1996). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, And Control (9th Ed.). Prentice Hall.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles Of Marketing (16th Ed.). Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Ed.). Pearson Education.
Lestari, G. T., & Ali, D. S. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Melalui Media Aplikasi Sampurasun Dalam Mempromosikan Pariwisata. Doi: Https://Doi.Org/10.23969/Linimasa.V3i1.2056.
Lopes, A. R., Porto, I., & Casais, B. (2022). Digital Content Marketing: Conceptual Review And Recommendations For. Academy Of Strategic Management Journal, Volume 21, Issue 2, 2022. University Of Minho.
Martianto, I. A., Setyo, S., & Dwijanto, A. (2023). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Mea, Universitas Negeri Surabaya.
Maulvi, H. R., Dida, S., & Setianti, Y. (2022). Brand Equity Dalam Menghadapi Turbulensi Lingkungan. Unikom.
Mcpheat, S. (2011). In Content Marketing: The Internet Marketing Academy. In The Internet Marketing Academy & Ventus Publishing Aps. Https://Peterstetka.Files.Wordpress.Com/2012/10/Content-Marketing.Pdf.
Mukarromah, U., & Dkk. (2022). Pengaruh Konten Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Dimediasi Minat Beli Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. Master Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan.
Nugraha, A., & Dkk. (2024). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement Media Sosial Instagram @Sukabumi_. Jurnal Mirai Management.
Nurfitriani, N. E. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Faber Castell Di Samarinda. Jurnal Manajemen & Akutansi.
Putri, A. F. (2023). Exploring The Dynamics Of Instagram Content Marketing And Engagement: Its Impact On Youtube Membership Subscription Decisions. Journal Of Business Management Education.
Rahman, T. (2019). Pengaruh Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening: Studi Pada Konsumen Caffe Go-Kopi Di Kota Malang. Jurusan Manajemen. Doi: Https://Doi.Org/10.31955/Mea.V7i3.3543.
Robiyanto. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Display Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Produk Alat Menggambar Dan Mewarnai Merek Faber-Castell Di Jakarta Selatan). Universitas Mercu Buana Jakarta.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Deepublish: Yogyakarta.
Sangadji, E., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen, Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. From
Setiawati, P. S. (2020). Strategikomunikasi Pemasaranshopee Dalam Membangunpositioning Ditengahpandemi Covid-19 Diindonesia. Jurnal Ilmu Komunikasie-Issn : 2614-0381, Issn : 2614-0373volume 3, No.2, July, 2020.
Silaen, S., & Widiyono. (2013). Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi Dan Tesis. Jakarta: Penerbit In Media.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 304-313.
Vivek, S. D. (2012). Customer Engagement: Exploring Customer Relationships Beyond Purchase. Ournal Of Marketing Theory And Practice, 20(2), 122–146.
Yasmir, & Syahrul, A. (2020). Pengaruh Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pensil 2b Faber Castell. . Jurnal Administrasi Sosial Dan Humaniora. 3. 112. 10.56957/Jsr.V3i4.123. .
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

