PENGARUH EDUKASI GIZI BERBASIS INSTAGRAM DAN ZOOM MEETING TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN (1000 HPK) PADA REMAJA USIA 13-18 TAHUN DI KABUPATEN LAMONGAN

  • Amelia Ilmi Al-Fadhilah Universitas Negeri Surabaya
Kata Kunci: Instagram, Zoom meeting, 1000 Hari Pertama Kehidupan, Remaja

Abstrak

Status gizi remaja akan mempengaruhi kesiapan di masa konsepsi yang akan berdampak pada siklus kehidupan dan gangguan jangka panjang pada periode emas pertumbuhan dan perkembangan yakni pada 1000 hari pertama kehidupan sejak masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun. Media sosial merupakan situs jaringan sosial yang kini banyak di gunakan terutama di kalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi melalui media sosial instagram dan zoom meeting dan menganalisis perbedaan pendidikan gizi melalui media sosial instagram dan zoom meeting terhadap penguasaan pengetahuan dan sikap remaja tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan. Penelitian menggunakan metode quasy experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest post-test design. Sampel berjumlah 100 responden yang di ambil dengan teknik Purposive Sampling yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok instagram dan zoom meeting. Dari hasil uji paired sample t-test hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan gizi melalui instagram dan zoom meeting berpengaruh terhadap hasil tes pengetahuan dan sikap remaja. Dari hasil uji independent t-test selisih kedua media menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pengetahuan kelompok instagram dan zoom meeting namun tidak terdapat perbedaan hasil sikap pada kedua kelompok kata kunci : Instagram, Zoom meeting, 1000 Hari Pertama Kehidupan, Remaja

Referensi

Anis Rosyiatul, Husna and Reliani, Reliani (2016). Streetfood Cards Sebagai Media Merubah Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Anak Usia Sekolah Dalam Mengkonsumsi Jajanan Di Sdn 1 Wonorejo Rungkut Surabaya. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah,
Azwar, S. (2012). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Liberty
Hidayah, dkk. 2022. Edukasi Gizi Seimbang dengan Media Video terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri. Sport and Nutrition Journal. Vol 4 No 1-April 2022
Monica, J., & Fitriawati, D. 2020. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi,
Mustakim .2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid Pada Mata Pelajaran Matematika. J Islam Educ. 2020;2(1):1
Nadziroh F. 2017. Analisa efektifitas sistem pembelajaran. Jurnal Ilmu komput dan desain komun vis. 2017:2(1):1-14
Nomiaji, D. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Edukasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Anemia Pada Remaja Putri Di Sma Negeri 4 Kota Bengkulu. Other Thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu
Pratami, EA. 2021. Pengaruh Penyuluhan Gizi Melalui Zoom Meeting Dan Whatsapp Group Menggunakan Media E-Booklet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Overweight Di Smp Negeri 20 Kota Bengkulu Tahun 2021. Bengkulu. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu
Rahmatia, R., Syahira, S., & Sajaril, A. E. (2020). Presepsi Siswa Dan Guru Terhadap Pembelajaran Daring Di Sma Yapis Manokwari Kelas Xi. Visipena, 11(2), 334-351
Ramadhanti, dkk. 2022. Pengaruh Edukasi Gizi dengan Media Video Motion Graphics Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Obesitas Remaja. Jurnal gizi Unimus
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) (2018). Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Ri Tahun 2018.
Simanjuntak, Ra. 2019. Pengaruh Pendidikan Gizi Dengan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan (Hpk) Di Sma Rk Serdang Murni Lubuk Pakam. Medan : Politeknik Kesehatan Medan Jurusan Gizi
Diterbitkan
2023-06-26
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 143