Hubungan Tingkat Stres, Asupan Natrium dan Asupan Lemak dengan Kejadian Hipertensi pada Lansia di Posyandu Lansia Kelurahan Sidomoro, Kabupaten Gresik

  • Nadia Eka Nurhayati Gizi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya
Kata Kunci: Hipertensi, lansia, tingkat stres, asupan natrium, asupan lemak.

Abstrak

Hipertensi merupakan penyakit kardiovaskuler yang menyebabkan meningkatnya tekanan darah melebihi 140/90 mmHg yang sering terjadi pada lansia karena faktor degenerasi dan faktor hipertensi yang lain. Hipertensi seringkali terjadi disebabkan karena faktor stres, asupan natrium dan asupan lemak yang berlebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres, asupan natrium, dan asupan lemak dengan kejadian hipertensi pada lansia di posyandu lansia Kelurahan Sidomoro, Kabupaten Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian observational analitik dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian dilakukan pada posyandu lansia Kelurahan Sidomoro, Kabupaten Gresik. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 124 orang. Sampel dari penelitian diambil dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yang mempertimbangkan kriteria inklusi dan kriteria ekslusi sehingga didapatkan sampel berjumlah 34 responden. Data diambil dengan wawancara dan pengukuran langsung. Data tingkat stres diambil menggunakan kuesioner Depression Anxiety Stress Scale 42 (DASS 42), data asupan natrium dan asupan lemak mengunakan kuesioner Semi Quantitative Food Frequency Questionnaire (SQ-FFQ). Data hasil pengukuran tekanan darah diambil secara langsung dengan alat sphygmomanometer. Analisis data dengan uji statistik rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan tingkat stres dengan kejadian hipertensi pada lansia dengan hasil uji rank spearman p=0,098, ada hubungan asupan natrium dengan kejadian hipertensi pada lansia dengan hasil uji rank spearman p=0,001, ada hubungan asupan lemak dengan kejadian hipertensi pada lansia dengan hasil uji rank spearman p=0,043. Sehingga, dapat disimpulkan tidak ada hubungan tingkat stres dengan kejadian hipertensi pada lansia di Posyandu Lansia Kelurahan Sidomoro, Kabupaten Gresik dan ada hubungan asupan natrium dan asupan lemak dengan kejadian hipertensi pada lansia di Posyandu Lansia Kelurahan Sidomoro, Kabupaten Gresik.

Referensi

Agustin, R. (2019). Hubungan Pola Makan dengan Kejadian Hipertensi pada Lansia Di Puskesmas Lubuk Buaya Tahun 2019. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Perintis Padang.
Andria, K. M. (2013). Hubungan Antara Perilaku Olahraga, Stress dan Pola Makan dengan Tingkat Hipertensi Pada Lanjut Usia Di Posyandu Lansia Kelurahan Gebang Putih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Jurnal Promkes, 1(2), 111–117.
Aprilliyanti, D. R., & Budiman, F. A. (2020). Hubungan Asupan Natrium dengan Kejadian Hipertensi di Posyandu Lansia Desa Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Nutriology : Jurnal Pangan,Gizi,Kesehatan, 1(1), 7–11.
Audina, R. (2019). Hubungan Asupan Natrium, Pengetahuan, Aktivitas Fisik, Stres, Kebiasaan Merokok dengan Kejadian Hipertensi pada Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Penuh Tahun 2019 [Sekolah Tinggi Kesehatan Perintis Padang]. In repo.stikesperintis.
Dewi, T. S. (2017). Hubungan Asupan Natrium dan Asupan Lemak Terhadap Kejadian Hipertensi pada Lansia di Balai Panti Sosial Tresna Werdha Unit Budi Luhur Kasongan Bantul Yogyakarta [Universitas Alma Ata Yogyakarta].
Elivia, H. N. (2022). Hubungan Pola Konsumsi Makanan dan Tindakan Pengendalian Tekanan Darah dengan Kejadian Hipertensi Lansia Di Masa Pandemi (Studi Kasus Usia 60-70 Tahun). NUTRIZIONE (Nutrition Research and Development Journal), 02(November), 1–11.
Farameita, M., Wati, D. A., Ayu, R. N. S., & Pratiwi, A. R. (2022). Hubungan Asupan Natrium, Kalium dan Lemak , Kebiasaan Olahraga, Riwayat Keluarga dan Kualitas Tidur dengan Kejadian Hipertensi. JGK, 14(2), 207–215.
Hasiando, C. N. (2019). Hubungan Kebiasaan Konsumsi Natrium, Lemak Dan Durasi Tidur Dengan Hipertensi Pada Lansia Di Puskesmas Cimanggis Kota Depok Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 11(2), 214–218.
Jamhuri, Masrikhiyah, R., & Setyaningsih, S. (2019). Hubungan Asupan Zat Gizi Dan Aktivitas Fisik Pada Lansia dengan Kejadian Hipertensi (Studi di Daerah Dataran Tinggi). Jurnal Ilmiah Gizi Dan Kesehatan (JIGK), 1(1), 28–33.
Kaunang, V. D., Buanasari, A., & Kallo, V. (2019). Gambaran Tingkat Stres Pada Lansia. E-Jurnal Keperawatan, 7(2).
Kementerian Kesehatan RI. (2012). Pedoman Pelayanan Gizi Lanjut Usia. Pedoman Pelayanan Gizi Lanjut Usia, 4–12.
Kementerian Kesehatan RI. (2013). Pedoman Teknis Penemuan dan Tatalaksana Hipertensi.
Kementerian Kesehatan RI. (2014). InfoDatin Hipertensi. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kementerian Kesehatan RI. (2016). InfoDatin: Situasi Lanjut Usia (Lansia) di Indonesia. In pusdatin.kemenkes.
Kementerian Kesehatan RI. (2018a). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar Nasional (RISKESDAS) 2018. In Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI (p. 198).
Kementerian Kesehatan RI. (2018b). Laporan Riset Kesehatan Dasar Provinsi Jawa Timur2018. In Kementerian Kesehatan RI.
Kementerian Kesehatan RI. (2020). Apakah yang dimaksud Stres itu? P2ptm.Kemkes.go.id.
Kurniasih, D., Pangestuti, D. R., & Aruben, R. (2017). Hubungan Konsumsi Natrium, Magnesium, Kalium, Kafein, Kebiasaan Merokok, dan Aktivitas Fisik dengan Hipertensi pada Lansia. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5, 2356–3346.
Prabaswari, A. A., Sulistyowati, E., & Aristiati, K. (2021). Hubungan Asupan Natrium, Asupan Lemak dan Pengetahuan dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia di Desa Campursari Bulu Temanggung [DIII Gizi Semarang].
Rusita, D. (2018). Hubungan Asupan Makanan (Lemak dan Natrium), Aktivitas Fisik dan Minuman Berkafein dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia di Wilayah Puskesmas Tanjung Kabupaten Natuna. Universitas Muhammadiyah Pontianak.
Sari, C. W. M., Sumarni, N., & Rahayu, Y. S. (2019). Hubungan Stres Terhadap Tekanan Darah pada Lansia Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Kadungora Kabupaten Garut. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 4(2).
Sari, N. (2019). Hubungan Asupan Zat Gizi Mikro Natrium dan Kalium dengan Tekanan Darah pada Lansia Di Kabupaten Probolinggo. In Repository Universitas Brawijaya. Universitas Brawijaya.
Situmorang, F. D. (2020). Hubungan Tingkat Stres Dengan Kejadian Hipertensi Pada Anggota Prolanis Di Wilayah Kerja Puskesmas Parongpong. Klabat Journal of Nursing, 2(1), 11.
Diterbitkan
2024-01-08
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 49