PENGENALAN PLAT NOMOR KENDARAAN MENGGUNAKAN METODE TEMPLATE MATCHING BERDASARKAN KRIPTOGRAFI RSA (RIVEST-SHAMIR-ADLEMAN)

  • M ARIF RAHMAN
  • RADEN RORO HAPSARI PENI AGUSTI

Abstract

Saat ini, perkembangan dalam dunia teknologi sangat pesat. Hal tersebut dapat berdampak positif maupun negatif terhadap masyarakat dalam hal pemanfaatan teknologi. Salah satu dampak negatif dari berkembangnya teknologi yaitu meningkatnya kriminalitas yang menggunakan teknologi. Hal ini membutuhkan suatu sistem keamanan yang memiliki tingkat efisiensi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan proses identifikasi pada plat nomor kendaraan dan memiliki sistem keamanan terhadap data plat nomor yang diidentifikasi. Identifikasi plat nomor pada sistem ini menggunakan metode template matching. Pengambilan data dilakukan di ruang tertutup atau indoor, sebanyak 30 plat nomor. Pada uji data tahap 1, menggunakan sudut 0⁰, diperoleh akurasi sebesar 90%. Sedangkan pada uji data tahap 2, menggunakan variasi sudut -30⁰, -15⁰, 15⁰, 30⁰ dengan jarak 1m, 2m dan 3m, diperoleh akurasi terbaik pada sudut -15⁰ pada jarak 1m dengan nilai akurasi 61,29%. Pada proses enkripsi data, dari 30 plainteks yang digunakan, akurasi yang didapatkan yaitu 100%, dan terenkripsi dengan benar. Sedangkan pada proses dekripsi, akurasi yang didapatkan yaitu 100%, sehingga data yang terenkripsi bisa dikembalikan lagi dalam bentuk awal. Dengan kata lain, proses enkripsi-dekripsi menggunakan metode RSA memiliki tingkat akurasi 100%.

Kata Kunci: plat nomor, template matching, kriptografi RSA.

Published
2018-08-11
How to Cite
ARIF RAHMAN, M., & RORO HAPSARI PENI AGUSTI, R. (2018). PENGENALAN PLAT NOMOR KENDARAAN MENGGUNAKAN METODE TEMPLATE MATCHING BERDASARKAN KRIPTOGRAFI RSA (RIVEST-SHAMIR-ADLEMAN). JURNAL TEKNIK ELEKTRO, 8(1). https://doi.org/10.26740/jte.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 101