PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY BERBASIS ANDROID DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNESA

  • SYAIFUL ANWAR
  • EPPY YUNDRA

Abstract

Viertual Reality telah banyak digunakan untuk video games, namun yang untuk memperkenalkan bangunan dan insfstruktur Gedung kampus masih jarang digunakan. Selama ini penyampaian infrastruktur Gedung kampus masih terbatas dalam bentuk iklan kertas dan webpage, oleh karena itu peneliti mengembangkan media dengan judul “Pengembangan Virtual Reality Berbasis Android Di Jurusan Teknik Elektro Unesa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi Virtual Reality untuk media pengenalan Gedung-gedung yang berada diwilayah kampus.Metode penelitian ini menggunakan metode berfokus pada riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan perspektif subjek lebih ditonjolkan dalam penelitian ini.Hasil penelitian berupa Gedung virtual yang dibuat menggunalan Unity3D. Media ini dikembangkan First Person Controller. Objek Gedung dibuat menggunakan program sketchup yang kemudian diimport kedalam Unity3D, untuk selanjutnya diolah menjadi aplikasi Virtual.
Published
2019-07-31
How to Cite
ANWAR, S., & YUNDRA, E. (2019). PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY BERBASIS ANDROID DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNESA. JURNAL TEKNIK ELEKTRO, 9(1). https://doi.org/10.26740/jte.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 132
PDF Downloads: 161