Sistem Kontrol Mini Lift Barang Menggunakan Fuzzy Logic Controller Sebagai Pengendali Kecepatan Motor DC Berbasis Labview.

  • AHMAD IRFAN SOEHARTONO
  • BAMBANG SUPRIANTO

Abstract

Abstrak

Memindahkan barang secara vertikal pada bangunan bertingkat umumnya menggunakan pengkatrolan barang secara manual. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem pengaturan kecepatan motor dc pada lift barang menggunakan Fuzzy Logic Controller, sebagai salah satu wujud perkembangan teknologi kendali zaman modern.. Perancangan hardware ini menggunakan Arduino sebagai pusat kontrol dengan memasukkan himpunan fuzzy logic dan fungsi keanggotaan sebagai pengendali kecepatan yang terintegrasi dengan aktuator motor dc serta sensor rotary encoder sebagai pembaca kecepatan. Sehingga lift barang mampu bergerak dengan stabil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon sistem pengendali kecepatan pada sistem mini lift barang menggunakan Fuzzy Logic Controller dengan nilai respon dinamik terbaik dapat memperbaiki respon sistem dengan Ess sebesar 0.2%, 𝑡𝑑 selama 0.67 𝑠, 𝑡𝑟(5% −95%) selama 2.85𝑠, 𝑡𝑟(10% −90%) selama 2.13 𝑠, 𝑡𝑠(5%) pada 2.91𝑠, 𝑡𝑠(2%) pada 3.88 𝑠, dan 𝑡𝑠 (0,5%) pada s.

Kata Kunci: Lift Barang, Fuzzy Logic Controller, Arduino, Sensor Rotary Encoder, Motor DC





Published
2019-10-14
How to Cite
IRFAN SOEHARTONO, A., & SUPRIANTO, B. (2019). Sistem Kontrol Mini Lift Barang Menggunakan Fuzzy Logic Controller Sebagai Pengendali Kecepatan Motor DC Berbasis Labview. JURNAL TEKNIK ELEKTRO, 9(1). https://doi.org/10.26740/jte.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 924
PDF Downloads: 1075