Prototipe Pembangkit LIstrik Termoelektrik Generator Menggunakan Penghantar Panas Aluminium, Kuningan Daan seng

  • MUHAMMAD ADY PRADANA
  • MAHENDRA WIDYARTONO

Abstract

Sumber energi alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik adalah energi matahari. Penggunaan energi ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan radiasi cahaya dan suhu panasnya. Tujuan penelitian ini adalah membuat prototipe pembangkit listrik termoelektrik generator dengan menggunakan penghantar panas alumunium, kuningan dan seng. Sumber panas yang digunakan pada penelitian ini yaitu sinar matahari, sehingga nantinya mampu memberikan suatu rekomendasi alat penghasil listrik dengan menggunakan metode seeback.

Hasil dari output tegangan listrik yang didapatkan paling tinggi ketika menggunakan plat penghantar panas kuningan dengan ketebalan 1mm dengan merangkai TEG secara seri dengan menggunakan air ice didapatkan 9,2 Volt pada hari ke-10, Selanjutnya menggunakan plat seng dengan rangkaian seri TEG didapatkan 3,56 Volt pada hari ke-1, dan yang terakhir menggunakan plat aluminium dengan rangkaian seri TEG didapatkan 2,95 Volt pada hari ke-5 dengan suhu rata-rata yang dihasilkan oleh TEG ialah 53,53°C selama masa pengujian 10 hari.

Kata Kunci : Prototipe Pembangkit Listrik, Termoelektrik Generator

Published
2019-10-21
How to Cite
ADY PRADANA, M., & WIDYARTONO, M. (2019). Prototipe Pembangkit LIstrik Termoelektrik Generator Menggunakan Penghantar Panas Aluminium, Kuningan Daan seng. JURNAL TEKNIK ELEKTRO, 9(2). https://doi.org/10.26740/jte.v9n2.p%p
Section
Articles
Abstract View: 232
PDF Download: 353