RANCANG BANGUN PEMANTAUAN PEMBAYARAN DAN KONSUMSI LISTRIK JARAK JAUH BERBASIS ARDUINO UNO R3 DAN MODUL BLUETOOTH

  • ACHMAD RIZAL MAWALI
  • WIDI ARIBOWO

Abstract

ABSTRAK

Pemakaian energi listrik sering terjadi pemborosan karena waktu pemakaiannya yang sering kali tidak tepat, tidak efektif dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk menghemat energi listrik. Jarak atau jangkauan yang dapat diakses oleh pengguna untuk mendapatkan informasi adalah permasalahan dalam melakukan pemantauan. Perangkat monitoring yang dirancang berbasis arduino uno dan modul HC-05. perangkat ini bertujuan untuk menampilkan informasi hasil pengukuran energi listrik antara lain arus, tegangan, daya, faktor daya, energi dan tarif pemakaian listrik secara real time melalui komunikasi HC-05 dengan perangkat android.

Pengukuran menggunakan modul sensor energi meter PZEM-004T. Data pengukuran diolah oleh processor dan kemudian dikirim ke perangkat penerima (receiver) melalui HC-05. hasil pengukuran dapat dimonitor saat itu juga pada layar LCD dan android. Hasil pengujian tegangan di dapat nilai error sebesar 0,218 %. Pengujian arus di dapat nilai error sebesar 5,8 %. Pengujian daya di dapat nilai error sebesar 1,1 %. Pengujian frekuensi di dapat kesimpulan bahwa frekuensi dapat bekerja stabil dengan nilai 50 Hz. Pengujian faktor daya dapat bekerja dengan baik dan nilai faktor daya yang rendah adalah beban lampu AC dengan nilai 0,43. Pengujian energi di dapat kesimpulan bahwa semakin besar daya yang digunakan maka semakin besar energi yang digunakan dan semakin cepat tarif listrik bertambah. Dari pengujian energi, daya terbesar sebesar 795 watt dengan konsumsi energi 0,22 kWh per jam dengan tarif 309,66 per jam.

Kata kunci : PZEM-004T, Modul HC-05, Android. Wireless





Published
2019-12-03
How to Cite
RIZAL MAWALI, A., & ARIBOWO, W. (2019). RANCANG BANGUN PEMANTAUAN PEMBAYARAN DAN KONSUMSI LISTRIK JARAK JAUH BERBASIS ARDUINO UNO R3 DAN MODUL BLUETOOTH. JURNAL TEKNIK ELEKTRO, 9(2). https://doi.org/10.26740/jte.v9n2.p%p
Section
Articles
Abstract View: 27
PDF Download: 43