ANALISIS JENIS CYBERBULLYING DI MEDIA SOSIAL “TIKTOK” PADA KALANGAN REMAJA
Keywords:
Cyberbullying, Media Sosial, RemajaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fenomena cyberbullying yang terjadi di media sosial, khususnya TikTok. Fenomena ini semakin mengkhawatirkan di kalangan remaja Indonesia, karakteristik remaja usia 15–19 tahun yang interaktif dan ekspresif menjadikan mereka rentan terhadap interaksi yang berpotensi memunculkan kekerasan digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis cyberbullying yang terjadi di platform TikTok serta memahami dampak psikologis dan sosialnya dalam kerangka teori konstruksi sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis naratif yang menampilkan remaja sebagai subjek atau objek cyberbullying. Data dikumpulkan melalui observasi dokumentatif terhadap video dan komentar, kemudian dianalisis dengan mengacu pada tipologi cyberbullying, serta teori konstruksi sosial. Analisis difokuskan pada proses eksternalisasi (ekspresi nilai kekerasan), objektivasi (penerimaan sosial melalui like dan komentar), serta internalisasi (pembentukan persepsi bahwa perilaku tersebut merupakan hal wajar dalam dunia digital). Hasil penelitian menunjukkan bahwa flaming dan Harassment merupakan bentuk yang paling dominan. Tindakan ini dijelaskan melalui proses eksternalisasi (ekspresi kekerasan verbal di ruang digital), objektivasi (penerimaan kolektif sebagai norma), dan internalisasi (penerimaan oleh korban sebagai bagian dari kenyataan sosial). Dampak yang ditimbulkan meliputi gangguan emosional seperti kecemasan, penurunan harga diri, dan kecenderungan menarik diri (self-withdrawal), serta munculnya trauma publik di kalangan korban. Penelitian ini diharapkan berkontribusi dalam memperkaya kajian akademik dan praktik edukasi media sosial yang etis dan reflektif, dengan menekankan pentingnya literasi digital dan kesadaran etika bermedia sosial. Temuan ini dapat dijadikan sumber pembelajaran kontekstual, terutama untuk membentuk karakter remaja yang kritis, empatik, dan bertanggung jawab dalam menggunakan media sosial.
Downloads
References
Juditha, C. (2021). Analisis Konten Tentang Perundungan Maya Terhadap Selebriti Di Instagram. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 25(2), 183–198.
Marzuki, A. G. (2020). Konstruksi Sosial Perundungan di Media Sosial. Jurnal Komunikasi Dan Sosial, 12(1), 34–45.
Mitchell, K. J., Jones, L. M., Turner, H. A., Shattuck, A., & Wolak, J. (2016). The Role of Technology in Peer Harassment: Does It Amplify Harm for Youth? Psychology of Violence, 6(2), 193–204.
Nurani, N., Ridho, M., Koto, Z., Komunikasi, I., Ilmu, F., Dan, S., Muhammadiyah, U., Dahlan, J. K. H. A., Tim, K. C., & Tangerang, K. (2024). Pengaruh Media Sosial Tiktok (@ sundarindah ) dalam Menyebarkan Video Edukasi Terhadap Kesehatan Mental Remaja. November 2024.
Nurlela, O. A., Ras, A., & Usman, M. (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Pembentukan Identitas Sosial Anak Di Era Digital. 6(2), 185–194.
Palazzolo, & J., D. (2023). Research Methods. Experiencing Citizenship: Concepts and Models for Service-Learning in Political Science, 109–118.
Pramanik, G. F., Rohman, U., & Ismail, S. (2024). Analisis Dampak Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Remaja. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 2226.
Putri Utami, M., Titik Nasihatun, U., & Sa, U. (2024). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kasus Cyberbullying Di Media Sosial Pada Remaja Abalysis of Factors Causing Cases of Cyberbullying on Social Media in Adolescent. Variable Research Journal, 01(01), 1.
Rusuli, I. (2022). Psikososial Remaja: Sebuah Sintesa Teori Erick Erikson Dengan Konsep Islam. Jurnal As-Salam, 6(1), 75–89.
Safitri, R. (2022). Fenomena Bullying di Media Sosial: Studi Kasus pada Kalangan Pelajar SMP di TikTok. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(3), 80–89.
Smith, P. K. (2016). Bullying: Definition, Types, Causes, Consequences and Intervention. Social and Personality Psychology Compass, 10(9), 519–532.
Wirmando, Anita, F., Hurat, V. S., & Korompis, V. V. N. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Anak Dan Remaja. Nursing Care and Health Technology Journal, I(19), 6.
Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dannis Indra Kuncoro, Nuansa Bayu Segara, Niswatin, Sugiantoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 224
,
PDF Downloads: 119
