Sistem Pendidikan Sekolah Pamong Praja Di Malang Tahun 1956-1972

  • RICKA YULI SETYANI

Abstract

Abstrak

 

 

Berdirinya Sekolah Pamong Praja diharapkan dapat mencetak kader-kader yang berkerja dalam pemerintahan yang memudahkan masyarakat. Masyarakat tidak merasa kesulitan untuk segala aspek yang berkaitan dengan birokrasi karena sekolah pamong praja menciptakan lulusan yang siap bekerja di pemerintahan daerah. Perjalanan panjang dari abdi negara dalam sistem pendidikan awalnya diera kolonial belanda dan pasca kemerdekaan sistem pendidikan lebih pengadopsi dari sistem pendidikan belanda yakni lebih menekankan kepada latihan fisik. Namun seiring berjalannya waktu sekolah pamong praja dalam memberikan pendidikan lebih mengutamakan kepada kemampuan qualified leadership dan managerial administratif.

Rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana sistem pendidikan Sekolah Pamong Praja di Kota Malang pada tahun 1956 hingga 1972, 2) Bagaimana kontribusi persebaran Alumni Sekolah Pamong Praja di Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai sistem pendidikan sekolah pamong praja dan kontribusi alumni APDN Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi.

Hasil pengkajian dari penelitian ini, berhasil diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama: hasil  penelitian ini menjelaskan perubahan sistem pendidikan dari awalnya di era kolonial Belanda dan pasca kemerdekaan lebih pengadopsi dari sistem pendidikan Belanda yakni lebih menekankan kepada latihan fisik. Sistem pendidikan di APDN mengalami perubahan dengan lebih menekankan pada konsep pembelajaran Tri Tunggal Terpusat, yang meliputi Pengajaran, Pengasuhan dan Pelatihan. Kedua: kontribusi alumni yang menduduki APDN bagi negara diaplikasikan dengan beberapa pengabdian pamong praja dalam politik dan administrasi negara dengan jabatan-jabatan tertentu sebagai Lurah, Camat, Polisi Pamong Praja, Asisten Sekda, serta Sekretaris Daerah, ditambah dengan SKPG (Satuan Kerja Perangkat Gubernur).

Kata kunci: Pamong praja, Sistem pendidikan.

Published
2015-05-05
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 131