PERBANDINGAN ARCA-ARCA PENGRAJIN DI TROWULAN DENGAN ARCA-ARCA MAJAPAHIT

  • SHINTA DEWANTININGTYAS

Abstract

Majapahit adalah kerajaan besar yang memiliki peradaban tinggi, sehingga menghasilkan banyak karya seni salah satunya dalam bidang seni kriya. Nampaknya tradisi pembuatan arca pada masa Majapahit yang sempat terhenti, kemudian pada tahun 1960-an mengalami kebangkitan. Kegiatan ini dapat dilihat di Desa Watesumpak Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.

Nama besar Kerajaan Majapahit telah menginspirasi pengrajin membuat arca gaya Majapahit. Arca-arca yang dibuat antara lain Ganesha, Harihara, Prajnaparamita, Dwarapala, Nandi, Lingga Yoni, Siwa, Surya Majapahit, Dewi Tara, dan Dhyani Budha. Dengan adanya permasalahan itu penulis mengajukan permasalahan yaitu (1) Bagaimana perkembangan sentra kerajinan arca di Trowulan tahun 1960-2015?; (2) Bagaimana perbandingan arca-arca yang dibuat pengrajin di Trowulan dengan arca Majapahit?. Untuk memecahkan masalah digunakan pendekatan metode yaitu analisis komparatif antara arca Majapahit dengan arca pengrajin di Trowulan.

Hasil penelitian ini sebagai berikut: Pembuatan kerajinan arca di Trowulan dimulai tahun 1960-an. Pada tahun 1980-an jumlah pengrajin terus mengalami peningkatan hingga mengalami puncaknya pada saat krisis moneter tahun 1997. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa arca yang memiliki kesamaan ikonografi yaitu Harihara, Prajnaparamita, dan Surya Majapahit. Pada arca yang lainnya yaitu Ganesha, Dwarapala, Nandi, Lingga Yoni, Siwa, Tara, dan Dhyani Budha terdapat beberapa perbedaan. Perbedaan tersebut mengenai atribut, ekspresi, maupun proporsi tubuh. Ada dua faktor yang mempengaruhinya seperti faktor kreativitas dan tingkat keterampilan pengrajin. Semakin banyak referensi yang dimiliki maka akan semakin tinggi tingkat kreativitasnya. Selain itu perbedaan tersebut juga dikarenakan faktor tingkat ketrampilan. Semakin tinggi tingkat keterampilan pengrajin, maka arca yang dihasilkan semakin tinggi nilai estetikanya.

Kata Kunci: Majapahit, seni kriya, arca, pengrajin arca di Trowulan

Published
2015-06-03
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 155