Urgensi Komunikasi Nonverbal (Vocal, Kinesics, Proxemics, Fashion, Haptic) Dalam Proses Pembelajaran Sejarah

  • AHMAD WAFI MUZAKKI

Abstract

Komunikasi merupakan hal dasar yang harus dikuasai oleh guru ketika pembelajaran sedang berlangsung. Dalam berkomunikasi, guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaran namun untuk menciptakan suasana pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menggunakan dan memanfaatkan komunikasi nonverbal. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian kualitatif yang berfokus pada gejala dan fenomena nyata di lapangan. Penelitian berfokus pada lima bentuk komunikasi nonverbal yaitu vocal, kinesics, proxemics, fashion, haptics. Penelitian ini menitikberatkan pada komunikasi yang dilakukan dalam proses pembelajaran sejarah berupa materi dan metode. Data yang diperoleh berasal subyek penelitian dan beberapa sumber pendukung lainnya. Setelah melalui tahapan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan komunikasi nonverbal dapat membantu guru dalam penyampaian materi dan dapat menimbulkan kesan, menarik perhatian, mempertegas makna, dan memperlancar komunikasi verbal,  membantu guru dalam membuat pembelajaran aktif, menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, stimulus, dan umpan balik. Komunikasi nonverbal dapat berguna dalam proses pengelolaan kelas dan penyampaian informasi. Komunikasi nonverbal dapat membantu siswa lebih mudah belajar dan tidak cepat bosan karena pembelajaran sejarah menjadi lebih menarik dan berkesan.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan komunikasi nonverbal mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran sejarah di kelas.

Kata Kunci: Komunikasi Nonverbal, metode, materi, sejarah

Published
2015-06-03
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 552