PERKEMBANGAN BIOSKOP DI SURABAYA TAHUN 1950 – 1985

  • HERLIYAN WIDYA AJI WAHYU PUTRI

Abstract

Secara umum Bioskop dan Film adalah salah satu media hiburan yang murah dan populer. Bioskop dikenal sebagai gedung atau tempat pertunjukan film untuk umum dengan dipungut biaya ataupun bayaran, sedangkan film merupakan usaha merekam pertunjukan sandiwara. Di indonesia, bioskop digunakan sebagai media hiburan yang menarik begitu pula di Surabaya, bioskop digunakan sebagai hiburan baru yang menarik yaitu sebagai gaya hidup yang tidak bisa lepas dari mayarakat Surabaya itu sendiri.

Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Bagaimana latar belakang bioskop di Surabaya sebelum tahun 1950?  2) Bagaimana perkembangan bioskop di Surabaya pada tahun 1950 – 1985? Dan 3) Bagaimana pengaruh bioskop terhadap gaya hidup masyarakat di kota Surabaya?

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah. Langkah awal mengumpulkan sumber-sumber terkait tentang perkembangan  Bioskop di Surabaya, sumber primer didapat dari Badan Arsip Kota Surabaya berupa dokumen surat putusan, surat perijinan serta hasil wawancara. Sedangkan sumber sekunder didapat dari buku-buku, majalah, koran dan jurnal online. Kritik sumber dilakukan untuk memilah sumber baik primer maupun sekunder yang terkait dengan perkembangan Bioskop Di Kota Surabaya Tahun 1950-1985. Proses intepretasi sumber digunakan untuk membandingkan sumber satu dengan sumber lain sehingga di dapat fakta sejarah mengenai perkembangan Bioskop di Surabaya tahun 1950-1985 . Tahap terakhir adalah historiografi yang menjadi hasil tulisan sebagai rekonstruksi semua fakta sejarah sesuai dengan tema penulisan sejarah itu.

Hasil penelitian menunjukkan perkembangan Bioskop di Surabaya membawa perubahan fungsi yaitu yang pada awalnya pada tahun sebagai media hiburan berubah fungsi menjadi alat propaganda bangsa asing pada tahun 1950, kemudian beralih fungsi sebagai suatu perubahan gaya hidup atau Lifestyle  untuk masyarakat Surabaya.

Kata Kunci: Gaya Hidup, Bioskop, Surabaya 

Published
2015-08-17
Abstract Views: 127
PDF Downloads: 137