PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODEL GAME WARS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMP KELAS VII F PADA MATERI KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA MASA HINDU-BUDHA

  • DYTA LAKSMI SISKARANI

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh siswa SMP dan MTs. Pembelajaran IPS disusun secara terpadu, memiliki tujuan agar peserta didik dapat memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan. Oleh sebab itu, pembelajaran IPS dtingkat SMP dan MTs di Indonesia seharusnya menerapkan pembelajaran IPS secara terpadu. Namun ada beberapa kendala yang menyebabkan pembelajaran IPS terpadu berjalan kurang baik. Sehingga masih banyak sekolah yang menerapkan pembelajaran IPS terpadu secara terpisah-pisah tanpa ada keterpaduannya. Beberapa faktor penyebab pelaksanaan IPS terpadu yang terpisah-pisah tersebut, antara lain: 1. Kurikulum IPS Terpadu belum menggambarkan satu kesatuan yang terintegrasi; melainkan masih terpisah-pisah antar bidang ilmu-ilmu sosial; 2. Latar belakang pendidikan guru merupakan guru dengan disiplin ilmu yang berbeda, belum ada guru yang mempunyai latar belakang sebagai guru IPS Terpadu; dan 3. Kurangnya sosialisasi mengenai pembelajaran IPS Terpadu. Rumusan masalah yang digunakan adalah (1) Bagaimana kelayakan media Game Wars sebagai media pembelajaran IPS; (2) Bagaimana minat siswa setelah medida Game Wars digunakan dalam pembelajaran IPS?. Metode pengembangan media kartu Game Wars mengikuti tahapan pengembangan sebagai berikut, (1) Pendefinisian, (2) Perancangan, (3) Pengembangan. Alat pengumpulan data dalam pengembangan media, yaitu angket. Subjek ujicobanya terdiri dari ahli media, guru IPS dan siswa. Instrumen observasi diuji cobakan pada ahli media dan guru. Instrumen angket diuji cobakan pada siswa. Melakukan wawancara pada 2 orang siswa setelah melakukan uji coba media Game Wars. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu Game Wars secara keseluruhan mendapatkan penilaian 100% dari validasi guru IPS dan nilai 97.4% dari respon siswa pada keseluruhan aspeknya. Selama proses uji coba, media ini juga terbukti dapat meningkatkan minat, pemahaman, dan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil persentase dan respon siswa selama uji coba berlangsung, dapat di simpulkan bahwa media kartu Game Wars yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS pada materi Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Hindu-Budha. Kata kunci: Media pembelajaran kartu Game Wars, Pembelajaran IPS.
Published
2016-01-22
Abstract Views: 210
PDF Downloads: 113