KIPRAH SUNDARI SOEKOTJO DALAM KANCAH MUSIK KERONCONG DI INDONESIA TAHUN 1977-2014

  • DIANA YUSUF

Abstract

Sundari Soekotjo salah satu seniman musik keroncong yang namanya dikenal luas di Indonesia. Sundari Soekotjo mengawali karirnya dengan menjadi penyanyi pop cilik pada tahun 1977 Sundari Soekotjo mengkhususkan untuk mempelajari musik keroncong.selain seorang seniman keroncong Sundari Soekotjo merupakan seorang Doctor dan dosen di Universitas Negeri Jakarta dan Institut Bisnis Nusantara.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah adalah : (1) Bagaimana sejarah masuknya musik keroncong di Indonesia? (2) Apa latar belakang Sundari Soekotjo menekuni musik keroncong? (3) Bagaimana peran Sundari dalam mengembangkan musik keroncong di Indonesia 1977-2014? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang meliputi (1) Heuristik, pengumpulan data berupa artikel majalah, koran, buku penunjang, jurnal dan wawancara yang berkaitan dengan Sundari Soekotjo; (2) Kritik terhadap beberapa sumber primer dan sekunder yang sudah terkumpul; (3) Interpretasi data tentang peranan Sundari Soekotjo dalam perkembangan musik di Indonesia dengan hasil penelusuran sumber yang telah diperoleh; dan (4) Historiografi sesuai dengan tema yang dipilih yaitu peranan Sundari Soekotjo dalam perkembangan musik keroncong di Indonesia tahun 1977-2014.
Hasil penelitian tentang Peranan Sundari Soekotjo dalam perkembangan musik keroncong dimulai sejak tahun 1977. Latar belakang Sundari Soekotjo menekuni musik keroncong adalah (1) Dukungan dari sang Ayah Soekotjo Ronodihardjo dan sang Ibu Hertini; (2) Mengikuti festival musik keroncong; dan (3) Sundari Soekotjo masuk ke dalam Sanggar Anggrek. Upaya yang dilakukan Sundari Soekotjo dalam melestarikan Musik Keroncong adalah (1) Sundari Soekotjo masuk dalam organisasi HAMKRI; (2) Memadukan musik keroncong dengan genre musik lainnya; dan (3) Mendirikan Yakin (Yayasan Musik Keroncong Indonesia).


Kata Kunci: Musik Keroncong, Sundari Soekotjo, Peran.

Published
2016-05-13
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 204