PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KURIKULUM 2013 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPSDI SMA NEGERI WONOAYU

  • KIKI CAHYANI

Abstract

Dalam sistem pendidikan kurikulum sering dijadikan sebagai pusat penggerak komponen pendidikan lainnya. Guru adalah tenaga kependidikan utama yang mengembangkan ide dan rancangan kurikulum menjadi proses pembelajaran. Pemahaman tentang kurikulum yang telah dirancang oleh pemerintah sangat penting dilakukan, karena jika salah dalam penafsiran akan dapat mempengaruhi keberhasilan dari komponen pendidikan lainnya. Dalam proses pembelajaran itu sendiri melibatkan guru dan siswa untuk saling berinteraksi satu sama lain. Hal ini berarti selain mempertimbangkan persepsi guru tentang kurikulum juga perlu mempertimbangkan persepsi siswa tentang kurikulum. Oleh karena siswa adalah obyek yang dikenai tindakan dari kurikulum yang diterapkan oleh guru.
Persepsi sangat berhubungan dengan rasa senang dan tidak senang terhadap objek yang diamati, sehingga nantinya akan bisa menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar. Ketika motivasi belajar siswa tinggi akan berdampak pula pada berkembangnya potensi siswa. Dalam artian motivasi disini akan berfungsi sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah persepsi siswa tentang kurikulum 2013 dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, melalui persepsi guru terhadap kurikulum 2013 sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto karena data persepsi siswa dan persepsi guru yang diteliti sudah terjadi selama sehari-hari ketika kegiatan belajar mengajar terjadi. Selain itu untuk memperoleh kedua data tersebut juga tidak perlu melakukan kontrol terhadap variabel bebas karena sudah terjadi secara alami. Sampel penelitian dipilih secara random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh persepsi siswa tentang kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar siswa melalui perantara variabel intervening yakni sebesar 79,2%. Hal ini ditunjukkan dari adanya hubungan secara bersama-sama antara variabel persepsi guru dan persepsi siswa tentang kurikulum 2013 dalam menjelaskan prestasi belajar siswa yakni sebesar 0,524. Hasil analisis ketiga variabel dilakukan melalui uji korelasi parsial dan regresi linier berganda.


Kata Kunci: Kurikulum, Persepsi, Prestasi Belajar Siswa

Published
2016-06-22
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 84