PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII E DI SMP NEGERI 24 SURABAYA

  • ENI RUSIYANTI

Abstract

Pendekatan saintifik adalah model pembelajaran yang dilandasi pendekatan ilmiah yang mengedepankan proses ilmiah pada pembelajaran yang diorientasikan guna membina kemampuan siswa memecahkan masalah melalui serangkaian aktivitas dan fenomena yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Pembelajaran ini mendorong siswa agar lebih mampu dalam mengamati, menanya, mencoba atau mengumpulkan data, mengasosiasi dan mengomunikasikan suatu informasi. Perkembangan kurikulum 2013 terjadi sesuai pada perkembangan Kurikulum yang disosialisasikan pada saat ini adalah kurikulum 2013, dengan upaya untuk peningkatan mutu pendidikan yang menghasilkan lulusan yang kreatif dan mampu menghadapi kehidupan di masa yang akan datang. Penggunaan penerapan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 dalam pembelajaran sangat diperlukan dan baik untuk meningkatkan pembelajaran agar peserta didik tetap aktif dan menumbuhkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah sesuai dengan tujuan pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berapa besar pengaruh pendekatan saintifik terhadap prestasi belajar siswa dan adakah perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 24 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen True-ekperimental design atau eksperimen sebenarnya dengan tujuan mencari perbandingan rata-rata prestasi belajar dari kedua kelas yang diberikan perlakuan berbeda yaitu menggunakan kelas eksperimen dengan metode pendekatan saintifik dan kelas kontrol sebagai pembanding dengan metode ceramah. Dengan metode penelitian tersebut sampel diambil secara acak atau dikenal dengan teknik random sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan pemakaian pendekatan saintifik pada kelompok kelas eksperimen dan memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 94,1% sedangkan pemakaian metode ceramah (diskusi ) pada kelompok kelas kontrol dan memberikan terhadap prestasi belajar sebesar 90,5 %. Selain itu, terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa antara kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t –test dengan ( Independent Sample t-test ) yakni 0,000 yang nilainya lebih kecil dari taraf signifikan 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengaruh pendekatan saintifik dengan prestasi belajar siswa dan terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa antara kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Sedangkan pada perbedaan tersebut dapat terjadi sebab penggunaan pendekatan saintifik dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dengan penggunaan pendekatan saintifik ini dapat mengarahkan siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan dapat berinteraksi serta berkomunikasi secara langsung dengan lingkungannya, sehingga memudahkan siswa untuk dapat mengkaji terhadap apa yang sudah dipelajari.


Kata Kunci: Pendekatan Saintifik dan Prestasi Belajar Siswa

Published
2016-08-24
Abstract Views: 767
PDF Downloads: 224