KESENIAN REOG CEMANDI DI KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2000-2015

  • NUR AZIZAH DWIYANI

Abstract

Indonesia dianugrahi dengan segudang potensi, salah satunya yang menjadi unggulan adalah bidang seni dan budaya lokal. Terdapat ribuan jenis kebudayaan yang diwujudkan melalui kesenian tradisional yang sangat ragam. Ada beberapa kesenian yang masih eksis sampai sekarang di tengah masyarakat. Salah satunya adalah kesenian Reog Cemandi. Perkembangannya hingga kini mampu bertahan di tengah modernisasi masyarakat Desa Cemandi membuatnya menarik untuk diteliti.
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah yang akan dibahas (1) Apakah yang melatar belakangi lahirnya kesenian Reog Cemandi di Kabupaten Sidoarjo, (2) Bagaimana prosesi pertunjukan kesenian Reog Cemandi di Kabupaten Sidoarjo, (3) Bagaimana perkembangan kesenian Reog Cemandi antara tahun 2000-2015, (4) Apakah makna simbolis yang terkandung dalam kesenian Reog Cemandi tersebut sehingga keberadaannya tetap lestari. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi.
Berdasarkan hasil analisis menyatakan bahwa pada masa penjajahan Belanda masyarakat Desa Cemandi sering ditindas dan diminta untuk membayar pajak, sehingga muncullah ide untuk membuat kesenian topeng yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menakuti para penjajah yang datang. Kemudian kesenian topeng tersebut berubah fungsi menjadi hiburan dan tradisi bagi masyarakat Desa Cemandi. Reog Cemandi mengalami perkembangan yang cukup signifikan sampai saat ini. Pada awal tahun 2000-an Reog Cemandi mengalami penambahan gerak terpola menyesuaikan dengan kebutuhan panggung. Pada tahun-tahun berikutnya Reog Cemandi semakin eksis dan semakin dikenal oleh masyarakat, baik di dalam maupun di luar Kabupaten Sidoarjo. Kemudian pada akhir tahun 2015-an kesenian Reog Cemandi melakukan regenerasi dengan menjadikannya sebagai salah satu ekstrakulikuler di SD Negeri Cemandi 406. Selain itu terdapat banyak makna simbolis dalam kesenian Reog Cemandi ini.


Kata Kunci : Perkembangan, Reog Cemandi, Makna Simbolik

Published
2016-12-21
Abstract Views: 420
PDF Downloads: 598