PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP SIKAP ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 1 DI SMA MA’ARIF SUKOREJO

  • ENDRA RATNASARI

Abstract

Sikap ilmiah adalah sikap atau jiwa ilmiah yang dimiliki oleh seorang ilmuwan. Dalam sikap ilmiah terdapat beberapa aspek diantaranya sikap ingin tahu, sikap luwes, sikap kritis dan sikap jujur. Keempat sikap ini dapat diterapkan dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran saintifik. Mengingat pendekatan saintifik merupakan salah satu model pembelajaran yang dilandasi pendekatan ilmiah yang mengedepankan proses ilmiah pada pembelajaran, yang diorientasikan guna membina kemampuan siswa memecahkan masalah melalui kegiatan 5M, mengamati, menanya, menalar, mengumpulkan data dan mengkomunikasikan. Dari kegiatan pembelajaran tersebut diharapkan peserta didik mampu aktif di kelas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan pengaruh pendekatan saintifik terhadap sikap ilmiah dan berapa besar pengaruh pendekatan saintifik terhadap sikap ilmiah dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMA Ma’arif Sukorejo. Penelitian ini menggunakan metode kuatitatif dan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan pendekatan saintifik terhadap sikap ilmiah. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji korelasi Product Moment Person, dengan nilai person sebesar 0,775 dengan sig=0,000 (sig<0,05). Sedangkan untuk mengetahui hasil dari berapa besar pengaruhnya maka dihitung menggunakan uji Regresi Linier Sederhana. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pengaruh pendekatan saintifik terhadap sikap ilmiah sebesar 60,1%.

Kata kunci: Sikap Ilmiah, Pendekatan saintifik 

Published
2017-01-11
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 88