POLEMIK ARTIKEL BELADJAR MEMAHAMI SUKARNOISME KARYA SAYUTI MELIK TAHUN 1964

  • DAVID NURMANSYAH

Abstract

Sayuti Melik dikenal sebagai tokoh yang mengetik naskah proklamasi kemerdekaan dan tokoh PNI sekaligus pribadi yang dekat dengan Sukarno. Pada masa Demokrasi Terpimpin, ia menulis artikel bersambung yang berjudul Beladjar Memahami Sukarnoisme dan menimbulkan dampak besar yaitu sebuah pergolakan dalam bidang pers.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apa latar belakang terjadinya pergolakan pers di Indonesia tahun 1964? (2) Bagaimana esensi tulisan Beladjar Memahami Sukarnoisme karya Sayuti Melik dalam pergolakan pers di Indonesia? (3) Bagaimana peran Badan Pendukung Sukarnoisme (BPS) dalam mendukung artikel bersambung Beladjar Memahami Sukarnoisme karya Sayuti Melik? Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi untuk mengungkapkan permasalahan yang diteliti.

Hasil penelitian menjelaskan bagaimana Sayuti Melik melalui artikelnya ingin menunjukkan kepada masyarakat agar dapat memisahkan ajaran Marxisme-Leninisme dengan Sukarnoisme. Sayuti Melik menilai bahwa terdapat perbedaan antara Sukarnoisme dan Marxisme dalam segi filosofis. Sukarnoisme menerapkan dialektis idealisme dan dialektis materialisme secara bersamaan, sedangkan Marxisme hanya menggunakan dialektis materialisme saja.

Artikel ini dipublikasikan pertama kali di surat kabar Berita Indonesia dan diikuti oleh sekitar 50 surat kabar di seluruh Indonesia. Penyebarluasan artikel ini dilakukan oleh BPS dan mendapat reaksi tentangan dari PKI karena dianggap sebagai komunisto-phobi. Setelah itu pers Indonesia menjadi terpolarisasi menjadi pendukung artikel Sayuti Melik dan pendukung PKI. Dimulai pada Juli 1964 hingga Desember 1964, surat kabar PKI yaitu Harian Rakjat dengan pers BPS terutama Berita Indonesia dan Merdeka saling mengkritik terkait dengan bagaimana ajaran-ajaran Sukarno yang paling benar.

Kata Kunci: Sayuti Melik, Sukarnoisme, BPS, PKI.

Published
2017-01-11
Abstract Views: 203
PDF Downloads: 585