TARI CAPING NGANCAK SEBAGAI POTENSI KESENIAN KHAS LAMONGAN TAHUN 2008-2012

  • SHOLIHATUL MUFIDAH

Abstract

Tari Caping Ngancak merupakan salah satu kesenian tari kreasi baru yang ada di Lamongan.  Tari caping ngancak di ciptakan oleh seniman berbakat yaitu Tri Kristiani, Ninin Desinta dan Purnomo. Tari Caping Ngancak mempunyai banyak prestasi dan gerakan yang unik sesuai dengan penggambaran dinamika kehidupan masyarakat petani yang ada di Lamongan sehingga tari Caping Ngancak mempunyai potensi sebagai kesenian khas lamongan.

Berdasarkan latar belakang tersebut penulis akan mengajukan rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana latar belakang diciptakannya tari Caping Ngancak di kabupaten Lamongan? (2) Bagaimana perkembangan tari Caping Ngancak  pada tahun 2008-2012? (3) Mengapa tari Caping Ngancak menjadi potensi kesenian khas Lamongan Tahun 2008-2012?

Hasil penelitian dapat diketahui bahwa Tari Caping Ngancak merupakan salah satu seni tari kreasi baru yang berpotensi sebagai kesenian khas Lamongan. Hal tersebut dapat dilihat  dari Banyaknya jumlah masyarakat Lamongan yang bermata pencaharian sebagai petani menjadi inspirasi lahirnya tari Caping Ngancak pada tahun 2008. Perkembangan Tari Caping Ngancak sebagai kesenian khas dilihat dengan adanya berbagai perubahan baik dari segi kostum, penari dan gerak tari Caping Ngancak. Tari Caping juga mempunyai banyak  prestasi yang telah diraih baik di dalam maupun di luar kabupaten Lamongan. Pemerintah lamongan ikut andil dalam kemajuan dan kemunduran tari Caping Ngancak sebagai potensi kesenian khas Lamongan.

Kata Kunci: Tari Caping Ngancak, Kesenian Khas, Lamongan

Published
2017-01-31
Abstract Views: 212
PDF Downloads: 5153