BATIK TULIS SEKAR JATI SEBAGAI IDENTITAS KABUPATEN JOMBANG TAHUN 1993-2008

  • LIA LAILI FARIDA

Abstract

Daerah Kabupaten Jombang merupakan Kawasan yang terletak di Provinsi Jawa Timur dan termasuk salah satu peninggalan kerajaan Majapahit. Kabupaten Jombang telah menjadi salah satu Kabupaten yang maju dan menjadi pusat industri dalam memproduksi batik tulis dengan motif yang khas dari Jombang dan memang sejak dulu terkenal sebagai daerah penghasil kain batik tulis sejak tahun 1944 ketika ibu-ibu dan para remaja yang tekun membatik dan hasilnya diberi nama batik pacinan, hingga ketika pada masa penjajahan Jepang batik di Jombang sudah menghilang. Kemudian tahun 1993 Potensi batik yang ada di Jombang dibangkitan lagi dan diberi nama batik Jombangan, yang sentra pembuatan batiknya berada di Desa Jatipelem, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Namun seiring perkembangannya batik Jombangan diberi nama batik tulis sekar jati oleh masyarakat setempat.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka penulis mengajukan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana sejarah perkembangan batik tulis sekar jati tahun 1993-2008? 2. Apa saja macam-macam motif dan makna dari batik tulis sekar jati? 3. Bagaimana proses batik tulis sekar jati dijadikan sebagai identitas Kabupaten Jombang? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengidentifikasi sejarah perkembangan batik tulis sekar jati tahun 1993-2008, Untuk mengidentifikasi macam-macam motif dan makna dari batik tulis sekar jati, Untuk mengidentifikasi proses batik tulis sekar jati dijadikan sebagai identitas Kabupaten Jombang
Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi Heuristik, Kritik, Interpretasi dan Historiografi. Hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa Jombang dengan potensi alam dan lingkungan budaya berupa peninggalan kerajaan Majapahit yang dimiliki dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat Jombang untuk menciptakan karya seni dalam bentuk motif batik yang beraneka ragam seperti motif relief Candi Arimbi melambangkan kedewaan, motif daun Jombangan melambangkan kebun tapak liman yang tumbuh di daerah Jombang, motif serumpun melambangakan tanaman yang merakyat, motif tunggorono seto melambangkan shio kuda putih yang merupakan kelahiran Bupati, motif telo rambat melambangkan tanaman merakyat yang dapat dijadikan produk olahan khas Jombang, motif peksi manyar melambangkan burung manyar saat panen telah tiba dan menjadikan Jombang sebagai masyarakat yang agraris, motif kawung cipir merupakan jenis flora tumbuh-tumbuhan yang merakyat dan motif merak melambangkan keindahan atas kedinamisan masyarakat Jombang yang suka berkembang. Berawal dari itulah, batik tulis sekar jati mampu mengangkat ide-ide motif yang mencerminkan potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Jombang sebagai bentuk identitas khas Jombang.


Kata Kunci :Batik Tulis Sekar Jati, Sebagai Identitas, Jombang

Published
2017-02-23
Abstract Views: 734
PDF Downloads: 301