PERKEMBANGAN PEMUKIMAN EROPA DI SURABAYA TAHUN 1910-1930

  • CHANDRA FANDY A

Abstract

Perkembangan kota Surabaya sebagai pusat aktivitas ekonomi menarik kedatangan bangsa asing untuk menetap di Surabaya. Keberadaan bangsa Eropa khususnya Belanda sebagai mayoritas, turut mempengaruhi perkembangan kota Surabaya. Pemukiman merupakan salah satu fasilitas penting sebagai penunjang berkembangnya sebuah kota. Pemerintah kolonial berinisiatif untuk membangun sebuah kawasan kota bergaya Eropa di Surabaya guna menjadikan kota Surabaya sebagai “rumah” kedua bagi masyarakat golongan Eropa.  Penelitian ini mengupas  mengenai perkembangan pemukiman Eropa di Surabaya tahun 1910-1930, serta menganalisis dampak yang ditimbulkan akibat kedatangan bangsa Eropa khususnya Belanda di Surabaya.

                Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis mengajukan rumusan masalah berupa, perkembangan pemukiman Eropa beserta kehidupan masyarakat Eropa yang berdampak terhadap kondisi sosial-budaya dan ekonomi bagi  pribumi kota Surabaya. Dalam menjawab permasalahan tersebut, metode penulisan sejarah yang digunakan terdiri dari heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Penulisan ini dilandasi oleh teori perkembangan kota milik Branch yang berisi mengenai kondisi internal sebagai unsur penting berkembangnya sebuah kota. Kondisi internal tersebut berupa keadaan geografis, site, fungsi kota, sejarah dan kebudayaan, unsur-unsur umum. Kota Surabaya secara geografis terletak di posisi strategis yang menjadikannya sebagai pusat aktivitas ekonomi yang sudah terkenal sejak lama. Kota Surabaya dengan fungsi ekonominya mampu berkembang lebih pesat dibandingkan kota berfungsi tunggal.

                Pemukiman Eropa di Surabaya dibentuk pemerintah kolonial guna memudahkan masyarakat Eropa dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya terutama aktivitas perekonomian di kota Surabaya. Menetapnya masyarakat Eropa di Surabaya menimbulkan interaksi sosial dengan pribumi. Interaksi sosial tersebut berdampak baik dari segi ekonomi hingga sosial-budaya pada kehidupan pribumi di kota Surabaya.

 

 

Kata Kunci : Perkembangan Kota, Pemukiman, Masyarakat Eropa, Surabaya

Published
2017-05-22
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 375