PENGARUH SANGGAR BATIK RUMPAKA MULYA WRINGINANOM TERHADAP PERKEMBANGAN BATIK LOH BANDENG GRESIK TAHUN 2005-2012

  • Tria Kharisma Agustina

Abstract

Batik di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Hal itu ditandai dengan munculnya motif-motif batik baru diberbagai daerah. Dahulu motif batik hanya terbatas dan digunakan untuk menunjukkan status seseorang. Kini motif batik muncul sesuai dnegan ciri khas daerah tersebut. Munculnya motif batik yang beragam tidak lepas dari peran Sanggar Batik yang memberikan pelatihan tentang batik.

                Penelitian ini membahas (1) latarbelakang  berdirinya Sanggar Batik Rumpaka Mulya Wringinanom Gresik ; (2) pengaruh Sanggar Batik Rumpaka Mulya Wringinanom Gresik terhadap perkembangan batik Loh Bandeng Gresik tahun 2005-2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian sejarah, penelitian tersebut terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan sumber, kritik sumber, interpretasi sumber dan historiografi.

                Sanggar Batik mempunyai peranan yang penting dalam perkembangan batik. Salah satunya yaitu Sanggar Batik Rumpaka Mulya Wringinanom Gresik yang menunjukkan eksistensinya dan membangkitkan semangat membatik,  sanggar ini  merupakan Sanggar Batik satu-satunya yang ada dikota Gresik yang memperkenalkan tentang batik Gresik.

                Pada tahun 1973 batik di Gresik mengalamai pasang surut, meskipun tidak sepesat di daerah lain, batik Gresik pernah populer dengan motif dan pewarnaan. Sanggar Batik Rumpaka Mulya membangkitkan kembali semangat membatik dengan menciptakan motif batik Loh Bandeng yang merupakan icon dari kota Gresik yaitu ikan bandeng. Sanggar ini juga memberiak pelatihan membatik yang nantinya diharapkan masyarakat mampu menciptakan motif-motif batik.

 

Kata Kunci : Motif Batik, Sanggar Batik Rumpaka Mulya Wringinanom, Batik Gresik

Published
2017-05-24
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 50