PERKEMBANGAN INDUSTRI BATIK SENNDANG DUWUR DI DAERAH PACIRAN LAMONGAN TAHUN 1980-2016

  • Kamaliatul Azza

Abstract

Batik merupakan ciri khas dari kebudayaan bangsa kita yaitu bangsa Indonesia yang sudah dikenal diberbagai manca Negara,yang selalu berkembang dan berkembang dengan mengikuti trend-trend yang ada. Industri batik merupakan industri yang banyak berkembang di Indonesia. Salah satunya yaitu sentra industri batik Sendang Duwur di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Industri Batik Sendang Duwur merupakan industri batik khas dari daerah Sendang Duwur Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Industri ini dilakukan tiap rumah-rumah(home industri) yang ada didesa Sendang Duwur. Desa Sendang Duwur merupakan salah satu desa yang sebagian masyarakatnya masih berusaha untuk melestarikan, meningkatkan proses pembuatan batik, serta mengembangkan batik tulis. Keterampilan membatik kebanyakan diperoleh secara turun-temurun, serta mendapat bimbingan dari Dinas Perindustrian Kabupaten Lamongan.

Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana latar belakang munculnya batik sendang duwur? (2) Bagaimana perkembangan batik sendang duuwur tahun 1980-2016? (3) Bagaimana kontribusi industri batik sendang duwur dalam menyokong perekonomian masyarakat di desa sendang duwur?. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk : (1) mendeskripsikan latar belakang munculnya batik sendang duwur, (2) mendiskripsikan  perkembangan batik sendang duwur mulai tahun 1980-2016, (3) mendiskripsikan batik sendang duwur sebagai penyokong ekonomi masyarakat didesa sendang duwur kecamatan paciran kabupaten lamongan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah, langkah awal yaitu heuristik, dengan mengumpulkan sumber-sumber terkait tentang industri batik di Desa Sendang Duwur, sumber primer didapat dari dokumentasi, Koran, wawancara dari narasumber. Sedangkan sumber sekunder didapatkan dari buku-buku dan jurnal yang terkait tentang industri batik. Kritik sumber dilakukan untuk memilah sumber baik primer maupun sekunder yang terkait dengan industri batik di desa Sendang Duwur. Interpretasi sumber digunakan untuk membandingkan sumber satu dengan sumber lain sehingga diperoleh fakta sejarah mengenai industri batik di Desa Sendang Duwur. Tahap akhir adalah historiografi, pada tahap ini serangkaian fakta yang telah ditafsirkan akan disajikan secara tertulis menjadi ceritera sejarah.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Batik Sendang Duwur mulai berkembang pada tahun 1980, pada era ini batik Sendang Duwur mulai berkembang yang dulunya batik pernah mengalami kemudururan di tahun 1965 an yang terjadinya pemberontakan PKI(Gestapu). Pada era 1980 ini para atasan telah mendengar bahwasannya batik sendang duwur telah mengalami keterpurukan yang akhirnya pihak pemda menggapinya dan pada saat itu sekitar tahun 1981 Bupati Lamongan yaitu bapak Syafii Ashari beliau merupakan kerabat dari bapak kepala desa sendang duwur yang pada saat itu bapak kepala desa Sendang Duwur dipimpin oleh bapak H. Mohammad Ishak, dan bapak Bupati Lamongan merupakan orang yang berasal dari Madura, akhirnya batik mulai dibangkitkan. Selanjutnya ditahun 1990an Batik Sendang Duwur batik Sendang Duwur selalu mengalami perkembangan dalam proses pengolahan warna batik sendang duwur yang sudah mulai berubah dengan warna bati pesisiran yang sudah memiliki lumayan banyak warna dan sudah menggunakan pewarnaan yang tidak alami lagi, sudah menggunakan zat pewarna buatan. Adapun warna yang mulai dikenal yaitu warna merah, jingga, kuning, hijau, ungu dan coklat muda sudah mulai marak di tahun 1990an. Pada tahun 2000an ini para pengrajin juga sudah mulai dilakukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan hasil yang lebih baik, semakin canggihnya tekhnologi dan semakin berimajinasi para pemudanya. Adapun dalam proses pembuatannya masih sama hanya yang dikurangi sekiranya rumit dan sudah terbilang tidak berfungsi sudah ditinggalkan, misalnya dulu dalam proses pembuatan batik masih menggunakan yang namanya ngetel yaitu kain setelah diblat di rendam sehari semalam pada tahun 2000 ini sudah tidak dipakai lagi, karena juga tidak banyak terpengaruh pada hasil pembatikan.

Industri Batik Sendang Duwur dapat memberika kontribusi terhadapad perekonomian masyarakat, menjadikan masyarakat sendang duwur juga mengalami peningkatan ekonomi, masyarakatnya yang semakin sejahtera. Kesejahteraan yang didapat yaitu berupa keuntungan dan proses penjualan yang semakin meningkat serta penghasilan para pekerjanya. Yang menjadikan masyarakat desa sendang duwur mempunyai kehidupan yang lebih baik.

 

Kata kunci : Industri batik sendang duwur, perkembangan, perekonomian.

Published
2017-06-13
Abstract Views: 184
PDF Downloads: 196