PERKEMBANGAN SOSIAL-EKONOMI MASYARAKAT KABUPATEN BANGKALAN PASCA SURAMADU TAHUN 2009-2013

  • DIAN AYU RAMADHANI
  • AGUS TRILAKSANA

Abstract

Letak geografis Pulau Madura terpisah dengan Surabaya yang mengakibatkan Pulau Madura tertinggal dari wilayah-wilayah di Jawa Timur. Upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian di Pulau Madura dengan di bangun Jembatan Suramadu. Pembangunan Jembatan Suramadu menjadi akses yang efisien dan efektif dalam meningkatkan mobilitas perekonomian. Pertumbuhan ekonomi sebagai penggerak dalam pembangunan ekonomi Kabupaten Bangkalan.“Perkembangan Sosial-Ekonomi Masyarakat Kabupaten Bangkalan Tahun 2009-2013”.
Penelitian ini mengambil rumusan masalah yaitu 1. Apa arti penting Jembatan Suramadu bagi masyarakat Kabupaten Bangkalan ? 2. Bagaimana peranan Jembatan Suramadu dalam perkembangan sosial-ekonomi Kabupaten Bangkalan 2009-2013 ? Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi, historiografi.
Pembangunan berdampak pada perubahan, baik perubahan positif maupun negatif. Arti penting Jembatan Suramadu bagi masyarakat Kabupaten Bangkalan yaitu mudahnya akses transportasi akan mendorong meningkatnya mobilitas sosial serta peralihan mata pencaharian masyarakat Kabupaten Bangkalan akibat perubahan fungsi lahan. peranan Jembatan Suramadu bagi perkembangan sosial-ekonomi masyarakat Kabupaten Bangkalan yaitu meningkatnya pendapatan daerah serta pendapatan masyarakat Kabupaten Bangkalan setelah beroperasinya jembatan suramadu, pengusaha di Kabupaten Bangkalan dapat mengembangkan usahanya di luar daerah akibat akses transportasi yang semakin mudah yaitu sejak beroperasinya Jebatan Suramadu.
Kata Kunci : Sosial, Ekonomi, Suramadu, Kabupaten Bangkalan
Published
2018-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 160