KIPRAH KH. FAKIH USMAN DALAM ORGANISASI MUHAMMADIYAH TAHUN (1925-1968)

  • EMIR AHMAD AZHAR
  • SUMARNO

Abstract

Organisasi Muhammadiyah merupakan organisasi yang berdiri pada tahun 1912 dan di bentuk oleh KH. Ahmad Dahlan. Organisasi Muhammadiyah semakin menyebar luas ke seluruh negeri. sampai pada akhirnya ke Gresik, KH. Faqih Usman adalah sosok pertama yang menyambut kedatangan Muhammadiyah di Gresik. Sejak 1922, ia aktif dalam kegiatan persyarikatan ini. la seolah mendapat penyaluran atas obsesinya selama ini. Pada 1925, Fakih Usman muda dipercayakan menjadi Ketua Group Muhammadiyah Gresik. la pun semakin terlibat dalam wacana keagamaan Muhammadiyah yang lebih berorientasi pembaruan berdasarkan al-Quran dan al-Hadits dan berorientasi sosial. Berkat kepemimpinannya, group Muhammadiyah Gresik ditingkatkan menjadi cabang. Perubahan status ini semakin mendorong Fakih Usman untuk aktif dalam pengembangan Muhammadiyah, khususnya di Surabaya. KH. Faqih Usman lalu giat dalam Muhammadiyah Surabaya, MIAI, Masyumi, Muhammadiyah pusat, sampai pada akhirnya menjabat sebagai mentri Agama.
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penelitian ini memfokuskan pada jejak karier KH. Faqih Usman serta mengapa beliau bisa menjadi seorang mentri Agama dan apa kontribusi seorang KH. Faqih Usman terhadap organisasi Muhammadiyahnya maupun kepada Negara setelah beliau menjabat sebagai mentri Agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah dari penelitian ini serta menganalisis jenjang karier di kalangan organisatoris dan mentri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian sejarah mengingat penelitian ini merupakan penelitian seorang tokoh mulai dari beliau belum menjadi seorang yang belum berpengaruh sampai menjadi sosok yang patut dikenang.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa KH. Faqih Usman masuk dalam organisasi Muhammadiyah dikarenakan ideologi dan pemikiran beliau sejalan dengan ideologi Muhammadiyah. KH. Faqih Usman merupakan sosok yang telah berkontribusi untuk organisasi Muhammadiyah salah satunya yakni beliau membuat sebuah penekanan pada pidato beliau dan mampu membuat banyak petinggi Muhammadiyah sadar akan identitas dan Kepribadian Muhammadiyah, dan hasil penekanan tersebut melahirhan sebuah identitas baru bagi Muhammadiyah yang dinamakan Kepribadian Muhammadiyah, dalam kementrian Republik Indonesia beliau juga berpengaruh dalam mengembangkan pendidikan yang menekankan pada nilai-nilai keagamaan. Sehingga, organisator maupun mentri yang lain berkesempatan luas untuk mengikuti dan meniru kepribadian sosok KH. Faqih Usman.
Kata kunci : KH. Faqih Usman, Muhammadiyah, Organisasi, Mentri.
Published
2018-12-13
Section
Articles
Abstract Views: 367
PDF Downloads: 1344