IMPLEMENTASI NILAI SEMANGAT NASIONALISME UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI PEMINATAN MA. RAUDLATUL MUTTAQIN

  • AFRIDA RIA INSANI
  • SEPTINA ALRIANINGRUM

Abstract

ABSTRAK

IMPLEMENTASI NILAI SEMANGAT NASIONALISME UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI PEMINATAN MA. RAUDLATUL MUTTAQIN

Nama : Afrida Ria Insani

NIM : 15040284060

Program Studi : S1 Pendidikan Sejarah

Jurusan : Pendidikan Sejarah

Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Septina Alrianingrum, S.S, M.Pd

Lingkungan pendidikan yang cukup berperan menanamkan nilai-nilai kehidupan sehingga terbentuk sikap nasionalisme bagi peserta didik adalah lembaga sekolah. Implementasi dalam suatu pembelajaran akan menggunakan teori belajar observasional Albert Bandura yang meliputi (Attentional, Retentional, Behavioural Production, dan Motivation)

Rumusan masalah yang diangkat adalah 1) Bagaimana Implementasi Nilai Semangat Nasionalisme untuk Mewujudkan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI Peminatan MA Raudlatul Muttaqin? dan 2) Bagaimana Hasil Belajar peserta didik dalam Implementasi Nilai Semangat Nasionalisme untuk Mewujudkan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI Peminatan MA Raudlatul Muttaqin?

Jenis Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan yaitu angket persepsi awal peserta didik mengenai nasionalisme, validasi RPP dan Ahli Materi, Pedoman wawancara, Lembar Observasi, dan Dokumentasi selama penelitian. Teknik analisis data menggunakan triangulasi teknik dan sumber model analisis mengalir Miles dan Huberman.

Penanaman Nasionalisme yang diterapkan dalam proses belajar mengajar di Kelas XI Peminatan MA. Raudlatul Muttaqin, salah satunya adalah implementasi nasionalisme melalui lagu kebangsaan, diskusi kelompok, dan menonton serta mengkaji film dokumenter sejarah yang bertema nasionalis dan membuat opini terkait materi yang disampaikan oleh guru sesuai dengan topik yang nasionalis yaitu Kebangkitan Heroisme dan Semangat Kebangsaan.

Hasil Perolehan Skor yang didapat dari Penilaian angket persepsi awal peserta didik mengenai nasionalisme memperoleh persentase 66.7% dengan skala cukup bagus namun perlu diberikan pelatihan dalam pembelajaran di Kelas setelah memperoleh materi dan diajarkan oleh guru maka perolehan skor angket meningkat menjadi 88,33%. Perolehan skor bukan dilihat dari satu aspek pertemuan saja namun dari serangkaian pertemuan dalam pembelajaran disimpulkan mendapatkan hasil angket pembelajaran yang bagus hal ini tertulis pada instrumen angket Poin ke 6 dengan persentase 76.7%, point 7 persentase 62.5%, poin 13 persentase 97.5 %, dan poin 15 dengan persentase 82.5%. Menyebutkan bahwa secara keseluruhan metode, media, dan evaluasi pembelajaran yang diperoleh setelah pelaksanaan pembelajaran mampu mewujudkan nilai semangat nasionalisme dengan perolehan skor 4 yaitu sangat setuju dan juga menyebutkan bahwa konsep agama dan nasionalisme menjadi hal yang fundamental dan tidak bertentangan dengan konsep nasionalisme yang dilakukan oleh MA. Raudlatul Muttaqin.

Kata Kunci: Implementasi nilai semangat nasionalisme, Teori Observasional Albert Bandura (Attentional, Retentional, Behavioural Production, dan Motivation)






Published
2019-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 87