PENGARUH METODE PEMBELAJARAN REMAP-NHT (READING-CONCEPT MAPNUMBERED HEADS TOGETHER) BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS XI IIS SMA-IT AL USWAH SURABAYA

Authors

  • SHEERLY NUR AINI
  • AGUS SUPRIJONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh metode pembelajaran Remap-NHT(Reading-Concept Map-Numbered Heads Together) berbasis pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar sejarahpeserta didik kelas XI IIS SMA-IT Al Uswah Surabaya. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian pre-experimental dengan oneshoot case study design. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IIS 2 menggunakan teknik nonprobability samplingdengan jenis sampling purposive. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diketahui nilai Sig. sebesar 0,000lebih kecil dibandingkan taraf sig. 0,05, sedangkan Thitung dengan nilai 6,495 lebih besar daripada Ttabel yakni 2,048dan nilai R Square sebesar 0,601. Dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Remap-NHT (Reading-Concept Map-Numbered Heads Together) berbasis pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar sejarahpeserta didik kelas XI IIS SMA-IT Al Uswah Surabaya yang signifikan sebesar 60,1%.Kata Kunci: Metode Pembelajaran Remap-NHT, Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar, Sejarah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 61 , PDF Downloads: 94