PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IIS DI SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO

  • NURUL AINI
  • RIYADI

Abstract

Salah satu hal penting dalam Kurikulum Nasional adalah pembelajaran abad ke-21 yaitu 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Harapannya agar peserta didik sungguh-sungguh siap untuk terjun ke tengah masyarakat global yang kompetitif. Penguasaan keterampilan ini dianggap penting dalam rangka berkompetisi di dunia yang berkembang dengan sangat cepat dan dinamis.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan problem solving mata pelajaran sejarah kelas XI-IIS di SMAN 1 Sooko Mojokerto. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian pre-experimetal dengan one shoot case study design. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IIS 1 menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Berdasarkan hasil analisis uji regresi linier sederhana diketahui nilai Sig. sebesar 0,000 lebih kecil dibandingkan taraf Sig. 0,05 sedangkan nilai Thitung dengan nilai 7,255 lebih besar dari nilai Ttabel yakni 2,045 dan nilai R Square sebesar 0,645. Dengan demikian, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa H0 tertolak sedangkan Ha dapat diterima, dikarenakan terdapat pengaruh sebesar 64,5% antara model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan problem solving, sedangkan sisanya yakni 35,5% kemampuan problem solving peserta didik mendapatkan pengaruh variabel lainnya yang tidak diteliti.

Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Kemampuan problem solving, Sejarah

Published
2020-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 92