HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEJARAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X SMAN 13 SURABAYA

Authors

  • SILVIA PERMATASARI P

Abstract

Kompetensi  pedagogik    harus dimiliki  setiap guru agar tercapai  keberhasilan  dalam
proses   belajar   mengajar.   Penelitian  ini   bertujuan  untuk    mengetahui  seberapa  besar  pengaruh
kompetensi pedagogik guru sejarah terhadap motivasi belajar siswa.  Pengumpulan data menggunakan
teknik angket, penilaian rencana  pembelajaran, dan penilaian pelaksanaan pembelajaran.  Pengolahan
data  dengan  menggunakan  SPSS  17.0.  Berdasarkan  hasil  perhitungan  koefisien  korelasi  sederhana
antara variable X dengan Y diperoleh ry
1  = 0.921 dan koefisien determinasi 84.9%. Dilihat dari nilai t
hitung pada Tabel hasil analisis regresi linear sederhana, variable kompetensi pedagogik (X) memiliki t
hitung sebesar 9.555 dengan nilai signifikasi sebesar 0.000. Nilai signifikasi t hitung < taraf kesalahan
(5%).  Maka  dapat  disimpulkan  bahwa    kompetensi  pedagogik  guru  sejarah    berpengaruh  signifikan
terhadap  motivasi  belajar.  Kompetensi  pedagogik  guru  sejarah  memberi  pengaruh  sebesar  84.9%
terhadap  motivasi  belajar  siswa.  Hal  ini  berarti  peningkatan  atau  penurunan  kompetensi  pedagogik
seorang guru memberikan pengaruh besar terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMAN 13 Surabaya.
Semakin  baik  kompetensi  pedagogik  yang  dimiliki  guru  sejarah  maka  akan  mempengaruhi  motivasi
belajar siswa untuk belajar sejarah.
Kata Kunci : Kompetesi Pedagogik, Motivasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-08-23
Abstract views: 29 , PDF Downloads: 106