HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEJARAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X SMAN 13 SURABAYA
Abstract
Kompetensi pedagogik harus dimiliki setiap guru agar tercapai keberhasilan dalam
proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
kompetensi pedagogik guru sejarah terhadap motivasi belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan
teknik angket, penilaian rencana pembelajaran, dan penilaian pelaksanaan pembelajaran. Pengolahan
data dengan menggunakan SPSS 17.0. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi sederhana
antara variable X dengan Y diperoleh ry
1 = 0.921 dan koefisien determinasi 84.9%. Dilihat dari nilai t
hitung pada Tabel hasil analisis regresi linear sederhana, variable kompetensi pedagogik (X) memiliki t
hitung sebesar 9.555 dengan nilai signifikasi sebesar 0.000. Nilai signifikasi t hitung < taraf kesalahan
(5%). Maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru sejarah berpengaruh signifikan
terhadap motivasi belajar. Kompetensi pedagogik guru sejarah memberi pengaruh sebesar 84.9%
terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini berarti peningkatan atau penurunan kompetensi pedagogik
seorang guru memberikan pengaruh besar terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMAN 13 Surabaya.
Semakin baik kompetensi pedagogik yang dimiliki guru sejarah maka akan mempengaruhi motivasi
belajar siswa untuk belajar sejarah.
Kata Kunci : Kompetesi Pedagogik, Motivasi Belajar
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

