KOMPARASI PEMIKIRAN KH. ABDUL WAHAB HASBULLAH DAN KH. ACHMAD DAHLAN ACHYAD DALAM UPAYA PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN TASWIRUL AFKAR TAHUN 1914-1926

  • Alifah Dinda Ismaya Dinda Ismaya Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Surabaya
  • Sumarno Sumarno Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pengembangan Taswirul Afkar menjadi lembaga pendidikan dilatarbelakangi oleh peran para ulama menyikapi masalah sosial agama khususnya di Kota Surabaya. Ulama tersebut antara lain yaitu KH. Abdul Wahab Hasbullah dan KH. Achmad Dahlan Achyad yang berusaha menstransformasikan forum diskusi Taswirul Afkar menjadi lembaga pendidikan MI Taswirul Afkar pada tahun 1918. Dalam sejarahnya keduanya memiliki dasar pemikiran yang sama namun terdapat perbedaan yang mempengaruhi pengembangan lembaga tersebut khususnya pada pendidikan Islam. Dalam penelitian ini memunculkan suatu rumusan masalah (1) Bagaimana konsep pemikiran KH. Abdul Wahab Hasbullah dan KH. Achmad Dahlan Achyad dalam pengimplementasian pendidikan Islam pada lembaga Taswirul Afkar ? (2) Apa faktor yang melatarbelakangi adanya persamaan dan berbedaan pemikiran KH. Abdul Wahab Hasbullah dan KH. Achmad Dahlan Achyad dalam upaya pengembangan lembaga Taswirul Afkar ?. Dan untuk menjawab rumusan masalah tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan, tahap pertama heuristik yaitu pengumpulan sumber yang didapatkan dari buku-buku, arsip, dokumen yang terkait dengan Taswirul Afkar. Tahap kedua kritik sumber yaitu menguji kreadibilitas sumber yang sudah dapat. Tahap ketiga interpretasi yaitu penafsiran sumber yang sudah didapat melalui analisa. Tahap keempat historiografi yaitu cara penulisan yang disesuaikan dengan kriteria penelitian ilmiah. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa terdapat komparasi pemikiran antara kedua tokoh yaitu berkembangnya rasa semangat solidaritas dan sikap kritis terhadap permasalahan bangsa yang didapat dari pengaruh paham Nasionalisme dan kebebasan berfikir oleh KH. Abdul Wahab Hasbullah dan munculnya sikap peduli akan pelestarian adat istiadat dan budaya leluhur Islam yang diimplementasikan sesuai dengan perkembangan zaman didapat dari pengaruh paham Ahl al-sunnah wa al-Jama’ah dan tradisi pesantren oleh KH. Achmad Dahlan Achyad. Sehingga dalam perkembangannya peran kedua tokoh dan dibantu para guru menghasilkan sistem pendidikan Islam kearah yang lebih modern yaitu Madrasah Islamiyah Taswirul Afkar. Dan Taswirul Afkar menjadi pendobrak munculnya sekolah Islam lain dengan sistem lembaga pendidikan modern namun tetap mengutamakan pendidikan Islam dan pengajaran nilai tradisi leluhur.

Kata Kunci : Konsep pemikiran KH.Abdul Wahab Hasbullah dan KH. Achmad Dahlan Achyad, Implementasi pendidikan Islam, Pengembangan lembaga pendidikan Islam Taswirul Afkar.

Published
2021-06-09
Section
Articles
Abstract Views: 335
PDF Downloads: 586