PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN 2 NGANJUK

Authors

  • Ahmad Fatqurrozi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Group Investigation, Pembelajaran Sejarah, Metode Kooperatif

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan aspek penting dalam pendidikan, terutama pada mata pelajaran sejarah. Namun, pembelajaran sejarah di sekolah sering kali masih didominasi oleh metode ceramah yang bersifat satu arah, sehingga membuat siswa pasif dan kurang terlibat aktif. Model pembelajaran konvensional ini tidak efektif dalam mendorong pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di MAN 2 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen one-group pre-test post-test. Sampel penelitian terdiri atas siswa kelas X yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran GI, serta observasi interaksi dan keterlibatan siswa selama pembelajaran berlangsung. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik untuk mengukur pengaruh penerapan model GI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model pembelajaran GI. Siswa menjadi lebih aktif dalam diskusi kelompok, mampu menyampaikan ide-ide secara kritis, dan lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Model GI juga berhasil menghilangkan stigma bahwa sejarah adalah mata pelajaran yang monoton. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran GI memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Model ini direkomendasikan bagi pendidik sebagai alternatif dalam pengajaran sejarah untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan kualitas pembelajaran.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Group Investigation, Pembelajaran Sejarah, Metode Kooperatif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewey, J. (1910). How We Think. D.C. Heath and Co.

Ennis, R. H. (2011). Critical thinking: Reflection and perspective part II. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 26(2), 5–19.

Hermawan,Hendi.(2010).Model -Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV.Citra Praya.

Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. yogyakarta: pustaka belajar.

Istarani. (2018). Ragam model pembelajaran inovatif. Medan: Media Persada

Jiwandono, N. R. (2019). Kemampuan berpikir kritis (Critical Thinking) mahasiswa semester 4 (empat) pada mata kuliah Psikolinguistik. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 464–467. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i1.351

Luthfi, M. R. A., Huda, C., & Susanto, J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 8 di SD Negeri 1 Selo Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Jurnal Paedagogy, 8(3), 422.

Marsudi, M. (2022). Meningkatkan Berfikir Kreatif Dengan Model Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Peserta Didik Teknik Otomotif SMKN 3 Merauke Papua. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 4(1), 551-561. Retrieved from https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/329.

Putri, A. ., Setiawan, H. R. ., & Harfiani, R. . (2023). Implementasi Video Animasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tarigh di Satit Phatnawitya Thailand . Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2323–2328. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5560

Putri, A. E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2), 533-540.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran. jakarta: Kencana.

Shoimin, A. (2019). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning: Teori dan aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Susanto, H. ( 2014). Seputar Pembelajaran Sejarah: Isu, Gagasan, dan Strategi Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Persindo.

Tilaar, H.A.R., Paat, J.P., dan Paat, L. (2011). Pedagogik Kritis Perkembangan, Substansi, dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Wandani, E., Sufhia, N. S., Eliawati, N., & Masitoh, I. (2023). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Proses Pembelajaran Individu. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5).

Yuberti. (2014). TEORI PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM PENDIDIKAN, Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).

Published

2025-01-02

Issue

Section

Articles
Abstract views: 121