NILAI-NILAI ARSITEKTUR MASJID KUNO AL-MUBAROK BERBEK DAN POTENSINYA UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai arsitektur Masjid Kuno Al-Mubarok Berbek, serta potensinya sebagai sumber nilai pendidikan karakter bangsa. Metode penelitian sejarah dibantu dengan pendekatan arsitektur dan bahasa rupa; konsep, rupa, pertalian, peranan. Hasil penelitian menunjukkan arsitektur Masjid Kuno Al-Mubarok Berbek merupakan perpaduan antara budaya Islam, Hindu, Cina, dan Jawa yang sarat akan makna religiusitas, moral dan etika, pembangunan diri, dan kehidupan sosial, serta mengandung delapan nilai pendidikan karakter bangsa yaitu; religius, jujur, toleransi, kerja keras, disiplin, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, dan peduli sosial. Masjid Kuno Al- Mubarok Berbek dapat menjadi sumber belajar untuk pendidikan karakter. Masjid Kuno Al-Mubarok menjadi sumber materi belajar bagi peserta didik merefleksikan diri nilai-nilai karakter yang terkandung di dalamnya melalui pembelajaran sejarah lokal di sekolah dan mengaktualisasikan dalam perilaku sehari- hari.
Downloads
References
Agus Aris Munandar, dkk. 2018. Tuha Kalang, Orang Kalang dalam Kebudayaan Jawa. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
Agus Mulyana dkk. 2016. Prosiding Seminar Nasional Program Studi Sejarah se-Indonesia: Kajian dan Posisi Mata Pelajaran Sejarah di Kurikulum 2013. Yogyakarta: Tim Penerbit FIS UNY.
Besluit, No. 10 31 Desember 1830, Resolutie van Lawick van Pabst.
14
Nilai-Nilai Arsitektur Masjid Kuno Al-Mubarok Berbek Dan Potensinya Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa
Besluit, No. 1 Tanggal 31 Agustus 1830 van Lawick van Pabst.
Fattah Hanurawan. 2012. Psikologi Sosial: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
J. Jamaludin, Purnama Salura. 2018. “Understanding the Meaning of Triangular Shape in Mosque Architecture in Indonesia” International Journal of Engineering & Technology 7(4.7).
Joko Sayono. 2013. “Pembelajaran Sejarah di Sekolah: Dari Pragmatis ke Idealis” Jurnal SPSS Vol. 24.
Juliadi. 2007. Masjid Agung Banten: Nafas Sejarah dan Budaya. Yogyakarta: Ombak.
Keputusan Gubernur Jawa Timur No. 188/148/KPTS/2016 tentang Penetapan Masjid Al- Mubarok di Kab. Nganjuk Sebagai Bangunan Cagar Budaya Peringkat Provinsi.
M. Chabib Thoha. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mehmet Ulger dkk. 2014. “Secondary School Teachers’ Beliefs On Character Education Competency” Jurnal Procedia-Social and Behavioral Sciences 131.
Moh. Hasim. 2011. “Makna Arsitektur Masjid Pakualaman Dalam Tinjauan Kosmologi Jawa” Jurnal Analisa Vol. 18 No. 2.
Murty Magda Pane, Rina Patriana. 2016. “The Significance of Enviromental Contents in Character Education for Quality of Life” Jurnal Procedia-Social and Behavioral Sciences 222.
Moh. Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Neelum Naz dkk. 2018. “Study of The Ornamentation of Bhong Mosque for The Survival of Decorative Patterns in Islamic Architecture” Jurnal Frontiers of Architectural Research Vol.7.
N. Utaberta dkk.2012. “Typological Study of Traditional Mosque Ornamentation in Malaysia-Prospect of Traditional Ornament in Urban Mosque” International Journal of Civil, Architectural Science and Engineering Vol.6 No. 7.
Quraish Shihab. 1996. Wawasan Al-Quran. Jakarta: Mizan.
Rehan Jamil. 2017. “Role of a Dome-Less Mosque in Conserving the Religion and Traditional Values of Muslims: An Innovative Architecture of Shah Faisal Mosque, Islamabad” International Jurnal of Architecture, Engineering and Construction Vol. 6 No. 2.
Rosidatun. 2018. Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caramed Communication.
R. Othman, Z.J. Zainal Abidin. 2011. “The Importance of Islamic Art in Mosque Interior” Jurnal The 2nd
International Building Control Conference Procedia Engineering 20.
Saifuddin Azwar. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sidi Gazalba. 1975. Masjid (Pusat Ibadat dan Kebudayaan Islam). Jakarta: Pustaka Antara.
Spahic Omer. 2010. “Some Lesson from Prophet Muhammad (SAW) in Architecture: The Prophet’s Mosque in Madinah” Jurnal International Intellecual Discourse Vol.18 No.1.
Syamsul Maarif. 2007. Revitalisasi Pendidikn Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Titis S. Pitana. 2007. “Reproduksi Simbolik Arsitektur Tradisional Jawa: Memahami Ruang Hidup Material Manusia Jawa” Jurnal Gema Teknik No. 2.
Wacancara Bapak Amin Fuadi selaku Kasi Sejarah, Seni Tradisi, Museum dan Kepurbakalaan Kab. Nganjuk
Wawancara Bapak Aris Trio Effendi selaku Tim Penelusuran Sejarah dan Situs Kuno Kab. Nganjuk
Wawancara Bapak Stef. Rudy Handoko selaku sejarawan Kab. Nganjuk
Widjaja Martokusumo. 2017. “Pemaknaan Tempat dalam Pelestarian Arsitektur” Prosiding Seminar Heritage IPLBI 1.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
