PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK DARI MUSEUM NEGERI MPU TANTULAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI PERKEMBANGAN HINDU BUDHA DI INDONESIA KELAS X SMA NEGERI 1 SIDOARJO
Keywords:
Pembelajaran Sejarah, Museum Mpu Tantular, Media PembelajaranAbstract
Pemanfaatan aplikasi TikTok dari Museum Negeri Mpu Tantular sebagai media pembelajaran dimaksudkan agar
antusiasme siswa untuk belajar mata pelajaran sejarah meningkat dan pembelajaran tidak membosankan agar peserta
didik belajarnya semakin aktif dan berkualitas. Tujuan penelitian untuk mengetahui potensi Museum Negeri Mpu Tantular
dalam penggunaan media berbasis TikTok pada materi perkembangan Hindu Budha di Indonesia, untuk mengetahui
implementasi media pembelajaran berbasis konten TikTok dalam pembelajaran sejarah dan untuk mengetahui dampak
pembelajaran dari penggunaan aplikasi TikTok sebagai media belajar di SMAN 1 Sidoarjo. Untuk mencapai tujuan di
atas digunakan pendekatan research kualitatif instrument kunci adalah informan (Kepala Seksi Preparasi Dan Bimbingan
Edukasi). Sampel pada penelitian ini diambil dengan cara purposive dan snowball dan Teknik pengumpulan yang
digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Uji
keabsahan data dilaksanakan melalui triangulasi, data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, tampilan
data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan keefektifan dalam pemanfaatan aplikasi TikTok dari
Museum Negeri Mpu Tantular sebagai media pembelajaran sejarah
Downloads
References
Peraturan Pemerintahan
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun 1995. Pemeliharaan Dan Pemanfaatan Benda Cagar
Budaya Di Museum.
Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wawancara
Bapak David Nurmansyah, S.Pd selaku guru kelas X SMA Negeri 1 Sidoarjo.
Bapak Sadari, S.Sn selaku Kepala Seksi Preparasi Dan Bimbingan Edukasi.
Buku
Agus Mursidi. 2008. Pemanfaatan Museum Blambangan Sebagai Sumber Belajar Sejarah Studi Kasus Pada Siswa Sma Negeri Kelas X Kabupaten Banyuwangi.
Ahmad Rivai, Nana Sudjana. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Anggani Sudono. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo. Arief S. 1990.
Sudiman, dkk, Media Pendidikan (Pengertian, pengembangan, dan Pemanfaatannya), Jakarta: CV
Rajawali.
Arif Widayanto. 2011. Pemanfaatan Museum Diponegoro Sebagai Sumber Belajar Sejarah Pada Materi Bentuk- Bentuk Perlawanan Rakyat Indonesia Dalam Menentang Kolonialisme Bangsa Barat Periode Sesudah Tahun 1800 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii SMP Negeri 3 Magelang.
Arikunto. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Azhar Arsyad, 2010. Media Pembelajaraan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bagus Prianbodo, 2018. Pengaruh “TIKTOK” Terhadap Kreatifitas Remaja Surabaya, di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi.
Chatib, Munif. 2011. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan semua Anak Juara. Bandung: Mizan Pustaka.
Cresswell. 2008. Research Design. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Darmono.2006. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Grafindo Persada.
Dika Tita. 2013. Lengkap Tentang Museum Mpu Tantular. Yogyakarta:Ombak.
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.Gupta, dkk. 2020. Media Sosial dan Peranannya. Jakarta:Rineka Cipta.
H. Asnawir, 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers
Hamdani, 2011. Strategi Beajar Mengajar, Bandung: CV Pustaka Setia.
Hujair AH Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktifinivatif,Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Mulyasa, E. 2004.Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.
Nasution, 1987. Teknologi Pendidikan, Bandung: CV. Jemmars Bandung.
Prastowo. 2012. Metode-metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, hal 266.
Saryono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.
sejarah era teknologi informasi.Banjaramsin: Program studi pendidikan sejarah Fakultas keguruan
dan ilmu pendidikan Universitas Lambung mangkurat.
Sudono, 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Afabeta.
Susanto Heri , Akmal Helmi. 2019. Media pembelajaran
Susilowati. 2018. Media Sosial Masa Kini dan Dampaknya. Jakarta: Suwardono. Sejarah Indonesia Masa Hindhu Budha. Yogyakarta: Ombak.
Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), h. 21.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka.
Wisnu Nugroho Aji, Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, ISBN:
Hasil Penelitian/Jurnal
Agung, Nugroho. 2016. Pemanfaatan Museum BRI dan Museum Jenderal Sudirman Sebagai Sumber
Belajar IPS Oleh Siswa dan Guru SD di Purwokerto. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. IX, No. 2.
Agus, Mursidi. 2010. Pemanfaatan Museum Blambangan Sebagai Sumber Belajar Sejarah di Kelas X SMA Negeri Kabupaten Banyuwangi. Paramita. Historical Studies Journal Vol 20, No 2.
Ahmadi. 2018. Penggunaan Aplikasi Tiktok dan Pengaruhnya. Universitas Muhamadiyah Makassar.
Jurnal Pendidikan, 2(1).
Demmy Deriyanto,Fathul Qorib, Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
Terhadap Tik Tok, Universitas Tribhuwana, JurusanIlmu Komunikasi dan FISIP, Jurnal Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik, vol. 7 No. 2 (2018),h.78.
Nisa Khairuni, Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Sosial Media TerhadapPendidikan Akhlak Anak,
Jurnal Edukasi, Vol 2 No 1 Januari 2016. Oemar Hamalik, Media Pendidikan, (Bandung:PT Citra
Aditya Bakti, 1994),h.48-51. Putu Puspa Erlita Suardi. 2016. Pemanfaatan Monumen
Perjuangan Bangsal sebagai Sumber Belajar Sejarah Bagi Generasi Muda di Desa Dalung, Badung. Jurnal Candra Sangkala.
Sulisworo, D. (2016). The Contribution of the Education System Quality to Improve the Nation’s
Competitiveness of Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 10(2), 127.
Wongsuriya, 2020. Pengaruh media sosial berbantuan seluler (MALL) terhadap hasil belajar. Jurnal
Pendidikan. 3(1)
Internet
https://tipsandroid.id/apa-fungsi-dan-kegunaan aplikasitiktok-di-android/, diakses (21 Juli 2022), pukul 20.15 WIB.
https://www.mastekno.com/id/apa-itu-tik-tok/, diakses (2 Agustus 2022) pukul 18.00 WIB.
Kemendikbud. Pameran Viral di Tiktok, Museum Vredeburg Tembus 2 ribu pengunjung.Cwww.vredeburg.id. Diakses 2 Agustus 2022, pukul 17.00 WIB.
Teknokompas.com. Penggunaan media sosial TikTok di Indonesia.diakses pada 24 Juli 2022, pukul 18.00 WIB. www.apaitutiktok.tiktokvideopendeknyata.com. Diakses pada 8 Agustus 2022 pukul 18.30 WIB.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
